logo

Tidak Membaca Basmalah di Setiap Urusan, Ini Yang Akan Terjadi | Konsultasi Muslim



Islam memerintahkan untuk mengawali segala urusan dengan membaca basmalah yaitu: "Bismillahirrahmanirrahim". Karena ketika seorang Muslim membaca basmalah di setiap urusannya, maka urusan tersebut menjadi berkah.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

كل أمر ذي بال لا يبدأ فيه بـ (بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ) فهو أقطع

Setiap urusan yang tidak dimulai dengan bacaan "basmalah" : "Bismillahirrahmanirrahim" maka terputus berkahnya. (Dikeluarkan oleh as-Syubki di dalam Thobaqot asy-Syafi'i al-Kubro, jilid 1 halaman 12).

Derajat Hadist :

Di dalam kitab Syarah al-Fiyah as-Suyuthi fii al-Hadist al-Musamma jilid 1 halaman 7 disebutkan :

قال النووي رحمه الله : هذا الحديث حسن. وصححه ابن حبان وأبو عوانة

Imam an-Nawawi rohimahullah berkata : "Hadist ini hasan." Dan di shahihkan oleh Ibnu Hibban dan Abu 'Awanah.

Di dalam kitab Syarah al-'Aqidah al-Wasathiyyah jilid 1 halaman 349 disebutkan :

معناها : أن البركة تكون باسم الله، أي أن اسم الله إذا صاحب شيئاً، صارت فيه البركة. ولهذا جاء في الحديث : " كل أمر ذي بال لا يبدأ فيه بـ " بسم الله " فهو أبتر " ، أي : ناقص البركة.

Artinya: "Bahwa berkah itu ada pada bismillah. Artinya: " Jika nama Allah mengiringi sesuatu, maka urusan itu akan menjadi berkah. Dan oleh sebab itu ada sebuah hadist yang menyebutkan : "Setiap urusan yang tidak dimulai dengan bacaan "basmalah" : "Bismillahirrahmanirrahim" maka terputus berkahnya." Artinya: "Berkurang berkahnya.

Apapun yang akan dikerjakan seorang Muslim hendaklah didahului dengan bacaan basmalah. Mau mengenakkan pakaian, nyuci pakaian, masak di dapur, bersih-bersih rumah, nyuapin anak dan segala aktifitas apapun hendaklah didahului dengan bacaan basmalah agar segala urusan menjadi berkah.

Apa itu berkah?

Di dalam kitab I'robul Qur'an wa Bayaanuhu jilid 6 halaman 663 disebutkan :

البركة زيادة الخير وكثرته

Barokah itu adalah bertambahnya kebaikan dan semakin banyak kebaikannya.

Oleh sebab itu carilah keberkahan dengan membaca basmalah di setiap aktifitas yang kita lakukan. Karena setiap urusan yang dibacakan basmalah akan menjadi berkah. Baik dari segi pahala ataupun kebaikan lainnya.

Ini salah satu amalan yang simple bagi seorang Muslim. Mudah dibaca dan tidak sulit, hanya saja mau tidak membacanya di setiap aktifitas atau setiap urusan. Jika mau setiap urusan menjadi berkah, maka bacalah basmalah. Dengan menyebut nama Allah yang Maha pengasih lagi Maha penyayang.

Akan tetapi, jika di setiap urusannya tidak membaca basmalah, maka Syekh Muhammad bin Sholeh bin Muhammad al-Utsaimin rohimahullah berkata di dalam Syarah al-'Aqidah al-Wasathiyyah jilid 1 halaman 349 : "Urusannya tersebut terputus berkahnya. Atau urusannya tersebut berkurang berkahnya.

Semoga bermanfaat.

Penulis : Fastabikul Randa Ar-Riyawi

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.