logo

Perempuan Menikah Apakah Tanggung Jawab Orang Tua Sudah Lepas? | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :

Asslamu'alaikum ustadz mau tanya apakah anak perempuan kl.sudah nikah dan dibawa suaminya tanggung jawab orang sudah lepas atau org tua masih bertanggung jawab termasuk menasihatinya?

terima kasih ustadz atas jawabannya. wasslm .

Dari : Maztiyah

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Perlu diketahui, bahwa memang setelah wanita itu menikah ada kewajiban yang lepas dari orang tuanya, ada juga yang masih harus dilakukan oleh orang tua, tapi dalam keadaan tertentu.

1. Kewajiban memberi nafkah.

Kewajiban tersebut lepas setelah wanita itu menikah, maka yang wajib memberi nafkahnya adalah suami, bukan orang tua lagi. Dan kewajiban nafkah ini lepas dari orang tua setelah anak perempuan nya menikah.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa salam bersabda :

أَنْ تُطْعِمَهَا إِذَا طَعِمْتَ وَتَكْسُوَهَا إِذَا اكْتَسَيْتَ أَوْ اكْتَسَبْتَ وَلَا تَضْرِبْ الْوَجْهَ وَلَا تُقَبِّحْ وَلَا تَهْجُرْ إِلَّا فِي الْبَيْتِ

"Engkau memberinya makan apabila engkau makan, memberinya pakaian apabila engkau berpakaian, janganlah engkau memukul wajah, jangan engkau menjelek-jelekkannya (dengan perkataan atau cacian), dan jangan engkau tinggalkan kecuali di dalam rumah. (HR. Abu Daud, hadist no. 2142)."

Jadi setelah menikah, suaminya wajib memberikan nafkah kepada istrinya. Bukan lagi orang tua si perempuan.

2. Kewajiban memberi nasehat.

Memberi nasehat yang baik adalah kewajiban kita semua. Apabila dia mengetahui seseorang berbuat buruk, tapi dia tidak mengingatkannya, maka dia berdosa karena membiarkan orang lain tetap dengan kemaksiatan nya, tanpa dia menasehatinya.

Begitu juga nasehat kepada anak perempuan. Sekalipun dia telah menikah, maka ketika dia salah, orang tua wajib mengingatkan. Lebih-lebih dia berbuat kesalahan kepada suaminya, maka orang tua wajib mengingatkannya supaya dia tidak melakukan seperti itu lagi.

Karena pada dasarnya nasehat itu bisa kepada siapa saja. Dan tugas setiap orang yang mengetahui.

Allah berfirman :

وَتَوَاصَوۡاْ بِٱلۡحَقِّ وَتَوَاصَوۡاْ بِٱلصَّبۡرِ

"Dan saling menasehati supaya menaati kebenaran, serta saling menasehati dalam kesabaran. (QS. Al-Ashr : 3)."

Jadi, jika misalnya anak perempuan nya berbuat salah, maka orang tua juga harus mengingatkannya. Sekalipun anak perempuannya sudah menikah.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.