logo

Lewat di depan Orang Yang sedang Shalat, Apa Dosanya? | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh,Ustadz bolehkah melewati org solat krna tidak ada tempat lgi?contohnya tempat solat sunah itu biasanya dilakukan di shaf belakng, dia solat diujung kiri,sementara diujung kanan masih kosong,klw kita di depan tidak sopan krna membelakangi org.

Dari : Fitri Handayani Siregar

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Apapun alasannya, melewati orang yang sedang shalat tidaklah diperbolehkan di dalam Islam.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

لَوْ يَعْلَمُ الْمَارُّ بَيْنَ يَدَيْ الْمُصَلِّي مَاذَا عَلَيْهِ لَكَانَ أَنْ يَقِفَ أَرْبَعِينَ خَيْرًا لَهُ مِنْ أَنْ يَمُرَّ بَيْنَ يَدَيْهِ قَالَ أَبُو النَّضْرِ لَا أَدْرِي أَقَالَ أَرْبَعِينَ يَوْمًا أَوْ شَهْرًا أَوْ سَنَةً

Kalau saja orang yang berjalan di depan orang shalat tahu sesuatu (dosa) yang akan dia dapatkan, maka sungguh berdiam (menunggu selesai shalat) selama 40 lebih baik baginya daripada berjalan di depan orang yang shalat. Abu Nadhar (Rawi) berkata : "Saya tidak tahu apakah Rasulullah berkata 40 hari, bulan, atau tahun." (HR. Bukhari, hadist no. 510).

Oleh sebab itu para ulama mengharamkan lewat di depan orang yang shalat. Imam Al-Ghozali rohimahullah mengatakan hukumnya makruh, tidak sampai kepada haram. Akan tetapi Imam An-Nawawi rohimahullah mengatkan bahwa pendapat yang benar hukumnya haram, sebagaimana yang disebutkan oleh beberapa ulama.

Imam an-Nawawi berkata di dalam kitab al-Majmu' syarah al-Muhadzab jilid 3 halaman 249 :

إذا صلى الي سترة حرم علي غبره المرور بينه وبين السترة ولا يحرم وراء السترة وقال الغزالي يكره ولا يحرم والصحيح بل الصواب انه حرام وبه قطع البغوى والمحققون

Jika seseorang melaksanakan shalat dengan sutrah (penghalang) maka haram bagi orang lain lewat diantara orang yang sedang shalat dan sutrah, sedangkan lewat di luar sutrah adalah hal yang tidak diharamkan. Imam Al-Ghozali berpendapat (hukum lewat di depan orang shalat) makruh, tidak sampai haram. Namun pendapat yang shahih bahkan pendapat yang benar bahwa sesungguhnya lewat di depan orang shalat adalah haram. Pendapat demikian adalah yang dipastikan (tanpa keraguan) oleh Imam Baghawi dan ulama lain yang ahli memutuskan hukum beserta dalilnya.

Maka dari itu, jika ada tempat yang kosong, maka isi saja yang kosong tersebut tanpa lewat di depan orang yang sedang shalat. Tidak mengapa di depan dia jika memang itu yang masih kosong. Karena tidak boleh lewat di depan orang yang shalat, karena jika dia lewat di depan orang yang shalat, maka dia mendapatkan dosa di sisi Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.