logo

Hukum Bekerja di Koperasi Simpan Pinjam | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :

Assalamu'alaikum wr,wb...

Pak ustadz saya ingin bertanya, bagaimana hukumnya bekerja di koperasi simpan pinjam? Sebelumnya saya haturkan terima kasih atas jawabannya

Dari : Sinner

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Bekerja di koperasi Simpan Pinjam tergantung bagaimana sistem yang digunakan oleh Koperasi tersebut. Selama tidak menguntungkan salah satu pihak saja, maka dibolehkan. Akan tetapi jika hanya menguntungkan hanya salah satu pihak, maka tidak boleh bekerja disana, karena itu termasuk riba.

Fudhalah bin Ubaid rodhiyallahu 'anhu berkata :

كل قرض جر منفعة فهو ربا

Setiap piutang yang memberikan keuntungan, maka (keuntungan) itu adalah riba.

Contoh : Si A meminjam uang sebesar Rp. 1.000.000 (satu juta).

Dan terjadi kesepakatan bahwa koperasi tersebut mengatakan uang tersebut ditambah sebesar Rp. 200.000. Nah, tambahan Rp. 200.000 ini termasuk riba. Dan bekerja  koperasi simpan pinjam riba semacam ini haram hukumnya karena menerapkan sistem riba.

Allah berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تَأْكُلُوا الرِّبَا أَضْعَافًا مُضَاعَفَةً وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan Riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan. (QS. Ali Imran : 130)."

Akan tetapi, jika koperasi tersebut tidak mensyaratkan seperti itu, hanya dikembalikan sebanyak uang yang dipinjam saja, maka hukumnya boleh bekerja di koperasi tersebut.

Contoh : Si A meminjam uang sebesar Rp. 500.000. Dan dia disuruh mengembalikan sebanyak Rp. 500.000 juga. Maka hal ini diperbolehkan dan bekerja di koperasi seperti ini diperbolehkan karena tidak ada unsur ribanya.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.