logo

Mangga Jatuh dan dibiarkan Pemiliknya sampai Busuk, Bolehkah Mengambilnya? | Konsultasi Muslim



Pertanyaan:

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh ustad , jika ada mangga orang jatoh dijalanan dari pohon , tapi kita tau pemiliknya , biasanya kalau mangga nya jatoh di biarrin aja sampe bonyok dan membusuk kelindas motor kan jadinya mubazir, kalau kita bawa pulang dan makan itu tetap haram atau tidak hukumnya pak ustad?

Dari : Fulanah

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Sebetulnya, hal ini termasuk luqothoh (barang temuan) didalam ilmu fiqih. Dan luqothoh itu mengikuti kebiasaan suatu daerah.

Sebagaimana qoidah fiqih menyebutkan :

العادات محكمات
Kebiasaan itu bisa menjadi landasan hukum.

Apa maksudnya?

Jika luqotoh disuatu daerah tersebut tidak dicari lagi jika hilang, atau dibiarkan saja kalo jatuh ataupun hilang, maka boleh hukumnya diambil atau dimakan, untuk menyelamatkan barang tersebut dari mumbazir.

Sebagaimana juga sebuah qoidah fiqih menyebutkan :

إِذَا تَزَاحَمَتِ الْمَصَالِحُ قُدِّمَ اْلأَعْلَى مِنْهَا
Jika ada beberapa kemaslahatan bertabrakan, maka maslahat yang lebih besar (lebih tinggi) harus didahulukan.

Akan tetapi, sebagai seorang Muslim yang diajarkan adab dan kesopanan, alangkah lebih baiknya kita meminta izin untuk memakannya, dan itu lebih membuat makanan yang dimakan menjadi barokah nantinya.

Dan tentunya besar kemungkinan akan di izinkan, karena sudah jatuh ke bawah, apalagi kotor dan sampai kelindas motor ataupun busuk. InsyaAllah akan di izinkan. Dan mana tau nanti jika meminta izin untuk mengambil yang jatuh, di izinkan juga mengambil buah mangga yang diatas juga. Berarti bak pepatah, ini kan: "Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampau". Tentunya ini lebih baik.

Maka meminta izin terlebih dahulu lebih diutamakan. Apalagi yang punya masih ada disekitar tersebut, maka minta izinlah terlebih dahulu.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.