logo

Tidak Berpuasa pada hari Senin, Bolehkah Puasa pada hari Kamis? | Konsultasi Muslim



Banyak orang yang bertanya tanya, jika saya tidak puasa dihari senin nya, apakah saya boleh puasa sunnah di hari kamisnya? Jawaban nya sudah tentu boleh karena 2 hari ini dianjurkan untuk berpuasa sunnah sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.

Adapun jika tidak berpuasa pada hari senin, maka tidak ada hubungannya sama sekali dengan hari kamis karna antum ingin berpuasa salah satunya maka boleh hukumnya karna 2 hari ini dianjurkan dan tidak ada syarat dan dalil harus berpuasa kedua harinya atau jika tidak puasa satu harinya maka tidak boleh puasa pada satu hari berikut nya. Maka ini tidak ada dalilnya.

Dari Usamah bin Zaid rodhiyallahu 'anhu berkata :

قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّكَ تَصُومُ حَتَّى لاَ تَكَادَ تُفْطِرُ وَتُفْطِرُ حَتَّى لاَ تَكَادَ أَنْ تَصُومَ إِلاَّ يَوْمَيْنِ إِنْ دَخَلاَ فِى صِيَامِكَ وَإِلاَّ صُمْتَهُمَا. قَالَ أَىُّ يَوْمَيْنِ. قُلْتُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ. قَالَ ذَانِكَ يَوْمَانِ تُعْرَضُ فِيهِمَا الأَعْمَالُ عَلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

Aku berkata pada Rasul Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam : "Wahai Rasulullah, engkau terlihat berpuasa sampai-sampai dikira tidak ada waktu bagimu untuk tidak puasa. Engkau juga terlihat tidak puasa, sampai-sampai dikira engkau tidak pernah puasa. Kecuali dua hari yang engkau bertemu dengannya dan berpuasa ketika itu.Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bertanya : "Apa dua hari tersebut?" Usamah menjawab : "Senin dan Kamis." Lalu beliau bersabda : "Dua hari tersebut adalah waktu dihadapkannya amalan pada Rabb semesta alam (pada Allah).Aku sangat suka ketika amalanku dihadapkan sedang aku dalam keadaan berpuasa. (HR. An-Nasa'i, hadist no. 2360).

Jadi, seorang muslim dianjurkan berpuasa pada 2 hari ini yaitu hari senin dan kamis karna pahalanya yang begitu besar.

Disamping itu juga puasa dapat menyehatkan badan dan menurut penelitian bahwa melalui perantara puasa dapat menyembuhkan sakit magh dengan izin Allah. Dan juga bagi para pemuda dan pemudi yang sudah sangat ingin menikah, tapi belum mampu menikah, maka puasa adalah solusi utama sebagaimana yang disebutkan didalam hadist.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

و من لم يستطع فعليه با لصوم فإنه له وجاء

Dan barangsiapa yang belum mampu menikah maka hendaklah dia berpuasa karna itu adalah tameng baginya (Menurunkan Syahwat nya). (HR. Muttafaqun 'Alaih).

Puasa yuk, insyaAllah dengan puasa kita menjadi sehat dan mendapatkan pahala yang besar di sisi Allah Subhanahu wa ta'ala.

Penulis : Fastabikul Randa Ar-Riyawi

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.