logo

Lupa Hafalan Al-Quran, Berdosakah? | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :

Assalamu'alaikum wr, wb...

Pak ustadz saya ingin bertanya, ketika kita sudah hafal misal beberapa ayat suci al-Qur'an, namun dilain waktu kita lupa terhadap hafalannya, Apakah itu berdosa? Sebelumnya saya haturkan terima kasih atas jawabannnya

Dari : Sinner

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى  melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

ما من امرئ يقرأ القرآن ثم ينساه، إلا لقي الله يوم القيامة أجذم

Tidaklah seseorang yang membaca (menghafal) al-Qur'an, kemudian dia melupakannya, kecuali kelak dia akan bertemu dengan Allah dalam keadaan Ajdzam. (Syarah Sunan Abi Daud Lil 'Aini, hadist no. 1444).

Didalam syarah Sunan Abi Daud, jilid 5 halaman 388 disebutkan : 

الأجذم : المقطوع اليد

al-Adzjam adalah Dipotong tangannya.

Maka dari itu jika ada orang yang menghafal Al-qur'an, akan tetapi dia melupakannya begitu saja hafalan Al-qur'annya tersebut, maka kelak dia akan bertemu dengan Allah dalam keadaan tangannya terpotong, karena melupakan hafalan Al-qur'an nya dengan sengaja.

Di dalam kitab Umdatul Qori syarah Shahih Bukhari, jilid 20 halaman 48 disebutkan :

وقال الخطابي : بئس، يعني عوقب بالنسيان على ذنب كان منه أو على سوء تعهده بالقرآن حتى نسيه

al-Khottobi Berkata : Buruk, artinya dia diberi balasan karena lupanya dengan dosa atas buruknyaburuknya komitmennya terhadap Al-qur'an, sehingga diapun melupakan hafalannya.

Nah, seseorang yang dengan sengaja melupakan hafalan Al-qur'annya, maka dia berdosa.

Akan tetapi, jika misalnya dia lupa hafalan Al-qur'annya karena udzur syar'i, seperti misalnya dalam keadaan hamil dia tidak konsentrasi dalam mengulang hafalan Al-qur'annya, atau ada udzur yang membuat dirinya tidak bisa mengulang hafalan Al-qur'annya, bukan dengan sengaja melupakannya, maka InsyaAllah hukumnya dia tidak berdosa. Karena ada udzur syar'i yang menjadi faktor lupanya, bukan semata-mat karena dia sengaja melupakan hafalan Al-qur'annya.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.