logo

Larangan Menyebarkan Rahasia Ranjang | Konsultasi Muslim



Dari Abu Sa'id al-Khudri rodhiyallahu 'anhu berkata : Rasulullah shallallahu 'slaihi wa sallam bersabda :

عن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : إن شر الناس عند الله يوم القيامة منزلة : الرجل يفضي إلى امرأته و تفضي إليه,ثم ينشر سرها. أخرجه مسلم

Sesungguhnya seburuk buruk manusia di sisi Allah di hari kiamat adalah seorang laki-laki yang menyetubuhi istrinya, kemudian dia sebarkan rahasia ranjangnya.

(Dikeluarkan Imam Muslim) Subulus Salaam syarah Bulughul Maroom min Jam'i Adillatil Ahkaam, Kitaabun Nikaah, Baabu 'Isrotin Nisa', hadist no. 884, halaman. 222.

Penjelasan :

Imam Ibnu ash-Shon'ani rohimahullah menjelaskan hadist ini di dalam kitab Subulus Salam syarah Bulughul Maroom min Jam'i Adillatil Ahkaam halaman 144 :

والحديث دليل على تحريم إفشاء الرجل ما يقع بينه وبين امرأته من أمور الوقاع ووصف تفاصيل ذلك

Dan hadist ini menunjukkan bahwa haramnya bagi seorang lelaki menyebarkan rahasia yang ada diantara dia dan istrinya dari urusan bersetubuh walaupun dia menceritakannya tidak secara terperinci.

Adapun semata mata menyebut tentang persetubuhannya tanpa ada niat menyebarkan sebelumnya, maka hukumnya makruh, karena telah melanggar apa yang disampaikan oleh Rasulullah :

من كان يؤمن با لله واليوم الأخر فليقل خيرا أو ليصمت

Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah dia berkata baik atau diam. (HR. Muslim, hadist no. 47).

Dan begitu juga dengan istri, tidak boleh menyebarkan aib suaminya di ranjang. Karena telah datang hadist yang melarang perkara tersebut.

Oleh karena itu sebagai seseorang yang berimana kepada Allah dan Rasulnya, hendaklah dia menjauhi perkara menyebarkan aib ranjangnya, karena hal itu adalah perbuatan haram yang tidak semestinya dilakukan oleh orang yang beriman.

Semoga bermanfaat.

Penulis : Fastabikul Randa ar-Riyawi

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.