logo

Hukum Menjawab Salam di Media Sosial | Konsultasi Muslim



Pertanyaan:

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Ustadz izin bertanya? Bagaimana hukumnya menjawab salam di media sosial, contohnya ada nya ngechat memberi salam? Apakah wajib kah kita menjawab? Terimakasih ustdaz

Dari: Sekar

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى  melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Menjawab salam itu hukumnya wajib. Dimanapun itu. Baik diucapkan secara langsung, melalui radio, melalui titipan, ataupun melalui tulisan misalnya, maka hukumnya wajib.

Imam an-Nawawi rohimahullah berkata di dalam syarah Shahih Muslim, jilid 15, halaman 211 :

قال أصحابنا وهذا الرد واجب على الفور وكذا لو بلغه سلام في ورقة من غائب لزمه أن يرد السلام عليه باللفظ على الفور إذا قرأه. وفيه أنه يستحب في الرد أن يقول وعليك أو وعليكم السلام

Ulama mazhab kami, (ulama Syafi'iyyah) berkata : Dan membalas salam ini sifatnya wajib segera dilakukan. Dan begitu juga jika sebuah salam sampai kepada seseorang dalam bentuk tulisan dalam kertas dari orang yang jauh, maka dia wajib menjawab (membalas) salam tersebut segera setelah dia membacanya. Dan disunnahkan baginya menjawab (membalas) salam tersebut dengan berkata : Wa'alaika atau Wa'alaikumussalam.

Oleh sebab itu seorang muslim jangan meremehkan dalam menjawab salam, sekalipun salam tersebut ditulis dalam bentuk pesan chat misalnya di media sosial, namun dia tetap diwajibkan untuk menjawabnya.

Allah berfirman :

وَإِذَا حُيِّيتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوهَا

Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, Maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa. (QS. An-Nisa' : 86).

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.