logo

Hukum Main HP di Kamar Mandi Menurut Islam, Bolehkah? | Konsultasi Muslim



Kamar mandi adalah salah satu tempat setan, dan sebagai seorang muslim tidak seharusnya berlama-lama berada ditempat yang didiami oleh setan.

Ibnu Battol  rohimahullah di dalam kitab syarah Shahih Bukhari menuqil sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Mu'ammar.

Dari Anas bin Malik rodhiyallahu 'anhu berkata, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

إن هذه الحشوش محتضرة، فإذا دخلها أحدكم فليقل : اللهم إني أعوذ بك من الحبث والخبائث

Sesunngguhnya tempat buang air ini kerumuni setan, maka apabila salah seorang diantara kamu masuk kedalamnya, maka ucapkanlah do'a : "Allahumma Inni A'udzubika Minal Khubusi Wal Khobaais". Artinya : "Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari setan laki-laki dan setan perempuan." (HR. Mu'ammar, Syarah Shahih Bukhari Li Ibni Batol, Jilid 10 Halaman 90).

Islam mengajarkan kepada pemeluknya bagaimana adab-adab kita ketika di dalam kamar mandi. Yaitu mendahulukan kaki kiri dari yang kanan ketika masuk, membaca do'a, dan ketika keluar dari kamar mandi mendahulukan kaki kanan.

Adapun berlama-lama di dalam kamar mandi, seperti main hp misalnya, baik itu dia bermain game, chat, baca-baca berita di hp, ataupun yang lainnya, maka ini sangatlah tidak bagus dan kurangnya adab seorang Muslim apabila melakukan hal semacam ini.

Lalu apa hukum main hp di dalam kamar mandi itu Ustadz?

Di dalam kitab Tuhfatul Muhtaj fii Syarhil Minhaj wa Hawaasis Syawaani, jilid 1 halaman 173 disebutkan :

(قوله : ولا يطيل قعوده) عبارة المغني ويكره إطالة المكث في محل قضاء الحاجة

Perkataan : (Dan tidak memperlama duduknya), maksudnya : "Dimakruhkan memperlama diri di tempat buang hajat (kamar mandi/wc).

Di sini kita dimakruhkan untuk memperlama diri di dalam kamar mandi atau wc, karena itu tempatnya setan, maka tidak pantas seorang Muslim berlama-lama di dalamnya. Apalagi hanya diperlama karena asyik bermain hp, tentunya ini tidak memperhatikan adab-adab yang diajarkan Islam dengan baik. Dan sebagai seorang muslim, perbuatan semacam ini tidak pantas dilakukan dan harus dijauhi.

Oleh sebab itu, main hp di dalam kamar mandi tidaklah baik dan harus dijauhi oleh seorang Muslim, lebih-lebih jika dia dalam keadaan buang hajat, tentunya ini bukanlah adab seorang Muslim, karena Islam mengajarkan kepada ummat Islam bagaimana adab-adab dalam melakukan sesuatu, dan salah satu adab apabila berada di dalam kamar mandi adalah diam, dan tidak melakukan aktifitas apapun.

Semoga bermanfaat.

Penulis : Fastabikul Randa Ar-Riyawi

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.