logo

Apakah Air Musta'mal Bisa Menghilangkan Najis? | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :

Assalamualaikum ustad. Izin nanya ustad.

Tidak boleh mengangkat hadas dan najis melainkan dengan air mutlak, jadi ustad kalau saya menghilangkan najis atau beristinja (bau rasa dan warnanya hilang) tetapi dengan air yang mustamal, gimn ustad.

Dari : Yudi Maulana

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى  melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Perlu diketahui, bahwa air musta'mal adalah air yang telah digunakan untuk menyucikan sesuatu. Memang pada hakikatnya air musta'mal itu hukumnya suci, akan tetapi tidak bisa menyucikan ke yang lainnya.

Imam An-Nawawi rohimahullah berkata di dalam kitab Majmu' syarah Muhadzab, jilid 1 halaman 151 :

قد ذكرنا أن المستعمل طاهر عندنا بلا خلاف وليس بمطهر على المذهب وفي المسألتين خلاف العلماء

Telah kami sebutkan bahwa air musta'mal itu suci disisi kami (Mazhab Syafi'i) tanpa berbeda ppendapat. Dan tidak mensucikan bagi yang lainnya menurut pandangan mazhab (Syafi'i). Dan dalam permasalahan ini terdapat perbedaan pendapat diantara Ulama.


Oleh sebab itu, berdasarkan penjelasan diatas, bahwa di dalam mazhab Syafi'i air musta'mal tidak bisa mensucikan bagi yang lainnya.

Bagaimana dengan menghilangkan najis?

Jika mensucikan saja tidak bisa, begitu juga halnya apabila digunakan untuk menghilangkan najis, karena pada dasarnya air yang digunakan untuk menghilangkan najis tujuannya untuk mensucikan yang terkena najis tersebut. Maka dari itu air musta'mal memang statusnya suci, namun tidak bisa mensucikan bagi yang lainnya, sehingga tidak bisa digunakan untuk menghilangkan najis.

Adapun yang bisa menghilangkan najis adalah air mutlak, karena air mutlak itu suci, lagi mensucikan bagi yang lainnya.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.