logo

Waktu Shalat Zuhur Bagi Wanita di Hari Jumat | Konsultasi Muslim



Tersebarnya berita bahwa wanita muslimah jika hendak shalat Zuhur di hari Jum'at, maka harus menunggu lelaki selesai shalat Jum'at terlebih dahulu. Maka hal ini tidak lah benar sebagaimana mestinya karna tidak ada satupun dalil dari Al-Qur'an dan Hadist yang menerangkan larangan akan hal tersebut.

Seperti yang kita ketahui bahwa shalat Jum'at hanya diwajibkan bagi lelaki dan tidak wajib bagi perempuan.

Di dalam kitab fiqih Bidayatul Mujtahid wa Nihayatul Muqtasid, Ibnu Rusyd rohimahullah mengatakan : Jumhur (mayoritas ulama) berkata bahwa shalat Jum'at itu hukumnya Fardu 'Ain (wajib) bagi lelaki. Adapun bagi perempuan tidak wajib hukumnya.

Jadi, ketika waktu shalat di hari Jum'at tiba, maka wanita diperbolehkan shalat sebagaimana biasanya tanpa menunggu lelaki selesai shalat Jum'at.

Kapan waktu shalat Zuhur?

Dari Abdullah bin Amr rodhiyallahu 'anhuma, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :


وقت الظهر إِذا زالت الشمس،وكان ظلّ الرجل كطوله،ما لم يحضُر العصر

"Waktu zuhur,sejak matahari tergelincir sampai bayangan orang sama dengan tingginya, sebelum masuk waktu asar. (HR. Muslim, hadist no. 612)."

Tidak ada larangan apapun berdasarkan Al-Qur'an dan Hadist. Sebuah qoidah fiqih menyebutkan :


اْلأَصْلُ بَقَاءُ مَا كَانَ عَلَى مَا كَانَ

Hukum asal segala sesuatu adalah tetap dalam keadaannya semula

Jadi hukumnya tetap pada hukum semula, maka shalat nya wanita dihukumi seperti hari-hari biasa pada umumnya. Jika di hari biasa dia shalat Zuhur setelah masuk waktu Zuhur, maka begitu juga ketika di hari Jum'at tiba, tidak ada yang berubah.

Kenapa? Karena hukum dia shalat Zuhur pada hari Jum'at dan hari biasa sama, yaitu wajib dan waktunya pun sama seperti hari biasa.

Loh kok gitu? Karena shalat Jum'at tidak wajib baginya makanya dia tetap pada hukum asal dan shalat Zuhur seperti waktu dan hari-hari biasa dan tidak ada bedanya dengan hari-hari yang lain.

Allah berfirman :


إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا

"Sesungguhnya Shalat adalah kewajiban bagi kaum mukminin yang telah ditetapkan waktunya. (QS. An-Nisa' : 103)."

Wallahu Ta'ala a'lam.

Penulis : Fastabikul Randa Ar-Riyawi

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.