logo

Wanita Muslimah Menikah Dengan Lelaki Non Muslim Tidak Sah | Konsultasi Muslim


Mengenai hal ini maka ada 2 pendapat ulama :

 

1. Pendapat Jumhur (Mayoritas Ulama) Ahlus Sunnah dan Ulama Mazhab yang 4.

 

Di dalam kitab Tafsir Rowai'ul Bayaan Ayat Ahkaam, jilid 1 halaman : 268 disebutkan : "Pengarang kitab" yaitu Muhammad 'Ali As-Shobuni mengatakan : Firman Allah yang mengatakan :

 

وَلَا تَنْكِحُوا الْمُشْرِكَاتِ حَتَّىٰ يُؤْمِنَّ

 

“Dan janganlah kamu menikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. (QS. Al-Baqoroh : 221).”

 

Maka ayat ini menunjukkan pengharaman menikahi wanita "Majusi" (Penyembah Api) dan "Wasaniyyat (Penyembah Berhala).

 

Dan adapun wanita Kitabiyyat (Ahli Kitab) maka boleh menikahinya. Berdasarkan firman Allah Subhanahu wa Ta'ala :

 

وَطَعَامُ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ حِلٌّ لَكُمْ وَطَعَامُكُمْ حِلٌّ لَهُمْ وَالْمُحْصَنَاتُ مِنَ الْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُحْصَنَاتُ مِنَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ مِنْ قَبْلِكُمْ

 

“Makanan (sembelihan) orang-orang yang diberi Al-Kitab itu halal bagimu, dan makanan kamu halal pula bagi mereka. (Dan dihalalkan mengawini) wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara orang yang diberi Al-Kitab sebelum kamu. (QS. Al-Maidah : 5).”

 

Artinya wanita-wanita dari Ahli Kitab yang menjaga kehormatan nya. Dan pendapat yang membolehkan ini adalah pendapat " Jumhur (Mayoritas Ulama) Ahlus Sunnah dan ulama mazhab yang 4 yaitu Imam Malik, Imam Syafi'i, Imam Abu Hanifah dan Imam Ahmad bin Hanbal.

 

2. Pendapat Ibnu 'Umar Rodhiyallahu 'Anhuma, maka dia mengatakan diharamkan menikahi Wanita Kitabiyyat. Karna dia menganggap tidak ada sesuatu yang paling besar daripada mensyirikkan Allah.

 

Maka yang dipilih adalah pendapat pertama yaitu Pendapat Jumhur (Mayoritas Ulama) yang membolehkan menikahi wanita Kitabiyyat. Adapun wanita yang majusi (penyembah api) dan wanita wasaniyyat (penyembah berhala) maka haram hukumnya.

 

Lalu bolehkah Wanita Muslimah Menikah dengan Lelaki non Muslim?

 

Pengarang Kitab mengatakan, adapun firman Allah yang berbunyi :

 

وَلَا تُنْكِحُوا الْمُشْرِكِينَ حَتَّىٰ يُؤْمِنُوا

 

Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman. (QS. Al-Baqoroh : 221).

 

Maka ayat ini menunjukkan haramnya menikahkan lelaki musyirik dengan wanita muslimah.

 

Dan adapun arti syirik disini adalah seluruh kafir yang dimana dia tidak beragama islam. Baik dia wasani (Penyembah Berhala), majusi (Penyembah Api), yahudi, nasrani dan murtad (Keluar dari islam). Dan mereka semua ini diharamkan untuk dinikahkan dengan wanita muslimah. Dan ini merupakan Ijma' (Kesepakatan Para Ulama) Ahlus Sunnah dan haram disini bersifat Mutlaqqqq qoooq.

 

Bagaimana dengan wanita muslimah yang sudah menikah dengan lelaki non muslim, apakah sah?

 

Nikahnya baatil dan tidak sah Dan mereka sama saja berzina selama menjadi suami istri. Dan wanita muslimah tersebut harus bertobat kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

 

Allah berfirman :

 

وَالَّذِينَ لَا يَدْعُونَ مَعَ اللَّهِ إِلَٰهًا آخَرَ وَلَا يَقْتُلُونَ النَّفْسَ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلَّا بِالْحَقِّ وَلَا يَزْنُونَ ۚ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَٰلِكَ يَلْقَ أَثَامًا يُضَاعَفْ لَهُ الْعَذَابُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَيَخْلُدْ فِيهِ مُهَانًا

 

Dan orang-orang yang tidak menyembah ilah yang lain beserta Allah dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina, barangsiapa yang melakukan demikian itu, niscaya dia mendapat (pembalasan) dosa (nya),yaitu akan dilipat gandakan azab untuknya pada hari kiamat dan dia akan kekal dalam azab itu,dalam keadaan terhina. (QS. Al-Furqan : 68-69).

 

Maka bertobat lah duhai wanita muslimah sebelum azab Allah turun kepada mu.

 

Wallahul Musta'an.


Penulis : Fastabikul Randa Ar-Riyawi

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.