logo

Wanita Haid Membaca Al-Qur’an Melalui Aplikasi di HP, Bolehkah? | Konsultasi Muslim




Pertanyaan :

Assalamualaikum wr.wb....

Afwan ustad saya mau tanya soal artikel, wanita haid tidak boleh baca Al-qur'an,... tp klo buka Al-qur'anya melalui aplikasi di hp bagaimana hukumnya ustad?

Dari : Sukmawati

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Sekarang begini ukhti,

Contoh : Ketika seseorang punya hp, lalu di hpnya tersebut di instal berbagai aplikasi, mulai dari whatsapp, instagram, aplikasi Al-Qur'an dan sebagainya.

Pertanyaannya : Apakah hp tersebut dinamakan mushaf Al-Qur'an? Atau apakah hp tersebut dinamakan whatsapp atau instagram?

Tentunya bukan. Karena whatsapp, instagram dan aplikasi Al-Qur'an hanya sebuah aplikasi saja. Dan hp adalah wadah untuk menampung aplikasi tersebut.

Begitu juga jika aplikasi Al-Qur'an di instal di hp, maka bukan lantas disebut mushaf Al-Qur'an, tapi tetap dinamakan hp.

Sebuah qoidah fiqih menyebutkan :

الاصل بقاء ما كان على ما كان

Pada dasarnya ketetapan suatu perkara tergantung pada keberadaannya semula.

Nah, ketika seorang muslimah membuka aplikasi Al-Qur'an di hpnya, maka hukumnya boleh membaca Al-Qur'an di aplikasi tersebut, dengan syarat yang disebutkan oleh Imam an-Nawawi di dalam kitab At-Tibyan fii Aadaabi Hamaltil Qur'an, halaman 58-59 :

ويجوز لهما النظر في المصحف وإمراره على القلب

Dan boleh bagi keduanya (wanita haid dan orang yang sedang junub) melihat mushaf, akan tetapi dibaca didalam hati.

Dan melihat dan membaca Al-Qur'an melalui aplikasi Al-Qur'an di hp hukumnya boleh, sebagaimana yang disebutkan oleh Imam an-Nawawi rohimahullah diatas, asalkan dengan syarat dibaca didalam hati tanpa dilafadzkan.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a'lam

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.