logo

Tidak Sengaja Makan Harta Riba, Berdosakah? | Konsultasi Muslim



Pertanyaan:

Assalamu'alaikum ustad. Jika riba termakan dengan tidak sengaja apa itu ttap dosa ustad? Lalu Allah akan maafkan dengan Amalan apa ya ustad supya diyaumil akhir Allah maafkan dosa riba' nya?

Trimakasih ustad, maaf bertanya dihari libur, Barakallah.

Dari : Sarah Anggraeni

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى  melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Perlu diketahui bahwa Allah mengampuni segala dosa manusia, selagi manusia tersebut tidak menyekutukan Allah dengan sesembahan yang lain.

Allah berfirman :

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ (53) وَأَنِيبُوا إِلَى رَبِّكُمْ وَأَسْلِمُوا لَهُ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَكُمُ الْعَذَابُ ثُمَّ لَا تُنْصَرُونَ (54)

"Katakanlah : "Hai hamba-hambaKu yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepadaNya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong lagi. (QS. Az Zumar : 53-54)."
Bagaimana jika tidak sengaja memakan uang hasil riba? Seperti tidak mengetahuinya dan sebagainya?

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

إِنَّ اللَّهَ تَجَاوَزَ عَنْ أُمَّتِى الْخَطَأَ وَالنِّسْيَانَ وَمَا اسْتُكْرِهُوا عَلَيْهِ
"Sesungguhnya Allah memaafkan umatku ketika dia tidak sengaja berbuat kesalahan, lupa atau terpaksa dilakukan. (HR. Ibnu Majah, hadist no. 2043)."
Artinya : "jika seseorang tidak sengaja melakukan kesalahan karena ketidaktahuannya misalnya, atau karena lupa ataupun terpaksa dilakukan, maka tidak ada dosa baginya, dan InsyaAllah akan diampuni Allah kesalahannya tersebut."

Begitu juga jika seseorang tidak tau bahwa yang dia makan itu misalnya didapat dari uang riba seperti dikasih teman, saudara dan sebagainya. Maka ketika tidak tau, kemudian dimakan, dan setelah itu baru mengetahuinya, maka hal ini dimaafkan Allah insyaAllah.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.