logo

Sunnah Berbuka Puasa dengan Kurma | Konsultasi Muslim



Dari Salman bin 'Amir Ad-Dhobbiyyi rodhiyallahu 'anhu, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

عن سلمان بن عامر الضبي رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه و سلم قال : إذا أفطر أحدكم فليفطر على تمر،فإن لم يجد فليفطر على ماء، فإنه طهور. (رواه الخمسة، و صححه ابن خزيمة و ابن حبان و الحاكم)

“Jika salah seorang di antara kamu berbuka puasa, maka hendaklah berbuka dengan kurma, maka jika tidak ada, hendaklah dia berbuka dengan air, karena sesungguhnya air itu suci.” (HR. Lima Orang Ahli Hadist Kecuali Bukhari dan Muslim). Hadist ini di Shahih kan oleh Ibnu Hibban, Ibnu Khuzaimah dan Hakim. Bulughul Maroom, Kitaabus Shiyaam, hadist No. 550, halaman 140.

Penjelasan :

Imam As-Shon'ani rohimahullah di dalam kitab Subulus Salam berkata :

و دل على أن الإفطار بما ذكر هو السنة

Ini adalah dalil bahwa ifthor (berbuka puasa) dengan kurma hukumnya sunnah. (Subulus Salam, jilid 1 halaman 165).

Imam Ibnul Qoyyim rohimahullah berkata sebagaimana disebutkan di dalam kitab Subulus Salam, jilid 1 halaman 165 - 166 :

Ini adalah salah satu bentuk kesempurnaan kasih Rasulullah dan nasehat untuk ummat nya, karena memberikan sesuatu yang manis dan bisa bermanfaat untuk kekuatan tubuh.

Hadist ini menunjukkan bahwa jika mempunyai kurma, maka berbuka lah dengan nya. Karena Rasulullah setiap berbuka puasa selalu dengan kurma. Kurma mengandung gizi yang banyak sekali, bisa mencegah beberapa penyakit juga serta menyehatkan tubuh kita ketika dikonsumsi. maka jika kita mempunyai kurma, hendaklah berbuka dengan nya. Tapi jika tidak ada, hendaklah dia berbuka puasa dengan air, karena dia adalah suci.

Penulis : Fastabikul Randa Ar-Riyawi

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.