logo

Sudahkah Status Facebookku Bermanfaat? | Konsultasi Muslim



Kenapa harus membahas status media sosial? Karena media sosial itu tergantung kepada orang-orang yang memakai nya. Jika dipakai untuk sesuatu yang tidak bermanfaat maka tidak berguna sama sekali. Tapi jika digunakan untuk dakwah, maka akan sangat bermanfaat bagi orang-orang yang membacanya.

Dari Uqbah bin 'Amr bin Tsa'labah rodhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

من دَلَّ على خيرٍ فله مثلُ أجرِ فاعلِه

“Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim, hadist no. 1893).

Jika satu perkataan saja yang kau tulis di facebook, tapi itu ilmu, maka itu jauh lebih bermanfaat daripada tulisan panjang yang kau tulis namun orang-orang yang membacanya tidak mendapatkan apapun setelah membaca tulisanmu tersebut.

Bagaimana jika tidak bisa menulis tentang dakwah?

Maka bagikan artikel-artikel islami yang bermanfaat untuk dibaca oleh orang lain. Bagikan artikel dari grup whatsapp, bagikan artikel dari telegram ataupun dari facebook agar orang bisa mendapatkan manfaat darinya.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

فَوَاللهِ، لَأَنْ يَهْدِيَ اللهُ بِكَ رَجُلاً وَاحِدًا خَيْرٌ لَكَ مِنْ حُمْرِ النَّعَمِ

“Demi Allah, jika Allah memberi petunjuk (hidayah) lewat dirimu kepada satu orang saja, lebih baik (berharga) bagimu daripada unta-unta yang merah.” (HR. Bukhari, hadist no. 2942).

MasyaAllah, begitu besarnya nilai dakwah itu. Maka jangan berhenti untuk berdakwah di media sosial yang antum punya.

Yang masih sering menulis status yang tidak bisa diambil manfaat nya, mulai sekarang tulis status dakwah, kalo tidak bisa maka share artikel-artikel dari grup-grup Whatsapp, telegram dan sebagainya ataupun bagikan status dakwah di Facebook antum dan media sosial antum yang lainnya.

Wallahul Musta'an. 

Penulis : Fastabikul Randa Ar-Riyawi

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.