logo

Siapakah Sebenarnya Ahlus Sunnah wal Jama'ah? | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...afwan ustadz menganggu saya boleh bertanya soal 73 golongan?

Dari : Muttia

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Dari 'Auf bin Malik berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

اِفْتَرَقَتِ الْيَهُوْدُ عَلَى إِحْدَى وَسَبْعِيْنَ فِرْقَةً فَوَاحِدَةٌ فِي الْجَنَّةِ وَسَبْعُوْنَ فِي النَّارِ وَافْتَرَقَتِ النَّصَارَى عَلَى ثِنْتَيْنِ وَسَبْعِيْنَ فِرْقَةً فَإِحْدَى وَسَبْعُوْنَ فِي النَّارِ وَوَاحِدَةٌ فِي الْجَنَّةِ وَالَّذِيْ نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ لَتَفْتَرِقَنَّ أُمَّتِيْ عَلَى ثَلاَثٍ وَسَبْعِيْنَ فِرْقَةً وَاحِدَةٌ فِيْ الْجَنَّةِ وَثِنْتَانِ وَسَبْعُوْنَ فِيْ النَّارِ، قِيْلَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ مَنْ هُمْ؟ قَالَ : الْجَمَاعَةُ

“Yahudi terpecah menjadi 71 golongan, satu golongan masuk Surga dan yang 70 di Neraka. Dan Nasrani terpecah menjadi 72 golongan, yang 71 golongan di Neraka dan yang satu di Surga. Dan demi Yang jiwa Muhammad berada di Tangan-Nya, ummatku benar-benar akan terpecah menjadi 73 golongan, yang satu di Surga, dan yang 72 golongan di Neraka. Sahabat bertanya : "Siapakah mereka (yang satu golongan yang masuk Surga itu) wahai Rasulullah? Beliau menjawab : Al-Jama'ah. (HR. Ibnu Majah, hadist no. 3992).”

Siapa itu al-Jama'ah? yaitu Ahlus Sunnah wal Jama'ah.

Siapa Ahlus Sunnah wal Jama'ah itu?

1. Orang yang mengikuti Nabi dan sahabatnya

Dari Abu Hurairah rodhiyallahu 'anhu berkata :

أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : افترقت اليهود على إحدى وسبعين فرقة ، وتفرقت النصارى الى إثنين وسبعين فرقة ، وتفرقت أمتي على ثلاث وسبعين فرقة ، كلها في النار الاّ واحدة ، قالوا : ومن هم يا رسول الله ؟ قال : هم الذي على الذي أنا عليه وأصحابي

“Bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda : Umat Yahudi terpecah menjadi 71 golongan. Dan umat Nasrani terpecah menjadi 72 golongan. Dan umatku akan terpecah menjadi 73 golongan. Semua masuk neraka kecuali satu. Berkata para sahabat : Siapakah mereka wahai Rasulullah? Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menjawab : Mereka adalah yang mengikuti aku dan para sahabatku. (HR. At-Tirmidzi).”

2. Orang yang berpedoman kepada Al-Qur'an dan Sunnah (Hadist)

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

إِنِّي قَدْ تَرَكْتُ فِيْكُمْ شَيْئَيْنِ لَنْ تَضِلُّوْا بَعْدَهُمَا : كِتَابَ اللهِ وَسُنَّتِيْ، وَلَنْ يَتَفَرَّقَا حَتَّى يَرِدَا عَلَيَّ الْحَوْضَ

“Aku tinggalkan kepadamu dua perkara yang kalian tidak akan tersesat apabila berpegang teguh kepada keduanya, yaitu Kitabullah dan Sunnahku, keduanya tidak akan berpisah, sehingga keduanya datang kepadaku di Telaga Haudh. (HR. Hakim, hadist no. 93).”

3. Ahlus Sunnah wal Jama'ah itu adalah orang yang mengikuti kebenaran, walaupun dia sendirian dan walaupun dia dianggap asing oleh orang-orang di sekitarnya karena mengamalkan syari'at Islam.

Dalilnya adalah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

بَدَأَ اْلإِسْلاَمُ غَرِيْباً، وَسَيَعُوْدُ كَمَا بَدَأَ غَرِيْباً، فَطُوْبَى لِلْغُرَبَاءِ

“Islam awalnya asing, dan kelak akan kembali asing sebagaimana awalnya, maka beruntunglah bagi Al-Ghuraba (orang-orang asing). (HR. Muslim, hadist no. 145).”

Dan tentunya juga mengikuti Para Sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam yang mendapat petunjuk setelah beliau.

Maka d iakhir zaman ini ikutilah syari'at Islam. Perbanyak menuntut ilmu agama biar tidak dibodohi dalam urusan agama seperti halnya disertasi yang menghalalkan zina. Maka ini batil dan jangan tertipu dengan hal keji seperti ini. Caranya adalah dengan menuntut ilmu agama, agar apa yang kita kerjakan dan amalkan sesuai dengan syari'at Islam.

Semoga bermanfaat.

Wallahul Musta'an.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.