logo

Selalu Ingin Menolong Orang Lain, Sementara dirinya Serba Kekurangan | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :

Assalamualaikum.. afwan ust ana mau bertanya, ust bagaimana dengan seseorang yang sifatnya slalu kasian dengan orang lain dan punya rasa ingin slalu menolong orang yang kesusahan sedangkan dirinya sendiri dan keluarganya juga membutuhkannya apa tidak berlebihan dengan sikap seperti itu.  . Ataukah gimana.. Afwan mohon penjelasannya ustadz.,

Dari : Nenty Rianty

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى    melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :


مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ، مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى

"Perumpamaan kaum Mukminin dalam cinta-mencintai, sayang-menyayangi dan bahu-membahu, seperti satu tubuh. Jika salah satu anggota tubuhnya sakit, maka seluruh anggota tubuhnya yang lain ikut merasakan sakit juga, dengan tidak bisa tidur dan demam. (HR. Bukhari, hadist no. 6011)."

Seorang Muslim yang selalu ingin menolong ةuslim lainnya adalah Muslim yang terpuji, sekalipun dia bukan dari orang yang berada. Namun, ketika terbesit niat baik di dalam hatinya untuk menolong, maka dia akan mendapatkan pahala dari Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Dari Abu Hurairah rodhiyallahu 'anhu berkata, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :


إِنَّ اللَّهَ كَتَبَ الْحَسَنَاتِ وَالسَّيِّئَاتِ ، ثُمَّ بَيَّنَ ذَلِكَ فَمَنْ هَمَّ بِحَسَنَةٍ فَلَمْ يَعْمَلْهَا كَتَبَهَا اللَّهُ لَهُ عِنْدَهُ حَسَنَةً كَامِلَةً ، فَإِنْ هُوَ هَمَّ بِهَا فَعَمِلَهَا كَتَبَهَا اللَّهُ لَهُ عِنْدَهُ عَشْرَ حَسَنَاتٍ إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ إِلَى أَضْعَافٍ كَثِيرَةٍ

"Sesungguhnya Allah mencatat berbagai kejelekan dan kebaikan lalu Dia menjelaskannya. Barangsiapa yang bertekad untuk melakukan kebaikan lantas tidak bisa terlaksana, maka Allah catat baginya satu kebaikan yang sempurna. Jika dia bertekad lantas bisa dia penuhi dengan melakukannya, maka Allah mencatat baginya 10 kebaikan hingga 700 kali lipatnya sampai lipatan yang banyak. (HR. Bukhari, hadist no. 6491)."

Berniat baik saja sudah mendapatkan pahala, apalagi sampai mengerjakannya, masyaAllah, sungguh dia akan mendapatkan pahala dari Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Tidak kah ini tindakan yang berlebihan?

Tidak ukhti, justru dia mengangkat derajatnya, dan mengalahkan yang lain. Betapa banyak kita lihat orang kaya hanya memperkaya diri mereka sendiri, sibuk mengurus harta kekayaannya. Walaupun kita tau banyak juga di antara orang-orang kaya yang suka membantu.

Tapi dia bisa membuktikan kepada muslim lainnya, walaupun dia bukan dari orang yang berada, tapi keinginan menolong Muslim lainnya kuat, karena dia tau sesama Muslim itu bersaudara, dan laksana satu tubuh. Jadi ketika ada seorang Muslim yang sedang kesusahan, dia bisa jadi mencontohkan ke dirinya sendiri, andai hal itu terjadi kepada ku, yang akhirnya menimbulkan sifat ingin membantu sesama Muslim.

Semoga Allah memudahkan segala urusan kita. Aamiin Ya Allah Ya Robbal 'Aalamiin.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.