logo

Satu Orang Berzina, Apakah Satu Rumah Kena Dampaknya? | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :

Assalamu’alaikum

Misal, satu keluarga terdapat satu orang pernah zina, apa itu terdapat dampak buruk bagi nasib keluarga besarnya ustadz?

Dari : Sarah Anggraeni

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Allah berfirman :

وَلْيَسْتَعْفِفِ الَّذِينَ لاَيَجِدُونَ نِكَاحًا حَتَّى يُغْنِيَهُمُ اللهُ مِن فَضْلِهِ

“Dan orang-orang yang tidak mampu menikah hendaklah menjaga kesucian (diri) nya, sehingga Allah memampukan mereka dengan karunia-Nya. (QS. An-Nur : 33).”

Jika misalnya seorang muslim yang beriman kepada Allah belum mampu untuk menikah, hendaklah menjaga dirinya (kehormatannya). Jangan sampai dia melepaskan kehormatannya untuk orang yang bukan mahromnya. Cukuplah hal itu untuk suaminya kelak.

Jika dia berzina, apakah satu rumah kena dampak akibat perbuatannya tersebut?

Perlu diketahui, bahwa :

1. Seseorang tidak bisa memikul dosa yang lainnya.

Allah berfirman :

وَلَا تَزِرُ وَازِرَةٌ وِزْرَ أُخْرَىٰ

“Dan seorang yang berdosa tidak dapat memikul dosa orang lain. (QS. Al-Isra' : 15).”

2. Orang tua atau yang satu rumah dengan orang yang berzina tidak terkena azab atau imbas apapun, karena tidak tau apa-apa mengenai itu.

Kapan orang tua atau yang satu rumah dengan yang berzina itu mendapat dosa?

Yaitu apabila mereka membiarkan orang yang satu rumah dengannya berbuat maksiat seperti misalnya dia membiarkan yang satu rumah dengannya dibawa lelaki (pacaran) kemana saja dan kemudian hamil. Dan mereka tidak melarang sedikitpun.

Maka mereka mendapat dosa. Dan keluarganya tersebut disebut dayyuts.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

ثَلَاثَةٌ لَا يَنْظُرُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلَيْهِمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ: الْعَاقُّ لِوَالِدَيْهِ، وَالْمَرْأَةُ الْمُتَرَجِّلَةُ، وَالدَّيُّوثُ

“Ada tiga orang yang tidak akan Allah lihat pada hari kiamat, orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya, wanita yang meniru gaya lelaki, dan dayuts. (HR. Ahmad, hadist no. 6180).”

Siapa itu dayyuts? Yaitu orang yang membiarkan (yang tidak cemburu) kepada mahromnya apabila melakukan kemaksiatan.

Anaknya dibawa keluar oleh lelaki tidak sedikitpun ada rasa cemburu nya. Tidak marah dan sebagainya. Istrinya pake baju you can see (kamu boleh melihat ketiak saya), dia biarkan saja. Nah yang seperti inilah yang dikatakan dayyuts.

Dayyuts tidak harus suami, siapapun itu didalam rumah, dan dia melihat mahromnya berbuat maksiat tapi tidak menegurnya, maka dia dayyuts dan kelak akan dimasukkan kedalam neraka.

Adapun jika ditanya ada atau tidak dampak buruk bagi keluarga besarnya Allahu a'lam.

Saya belum pernah menemukan dalil tentang itu. Hanya saja keluarganya akan dipandang hina oleh masyarakat, itulah dampak zohir yang akan terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.