logo

Pahala Membunuh Seekor Cicak | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :

Assalamu'alaikum ustadz.. Saya mau tanya apakah benar jika kita membunuh satu ekor cicak mendapatkan pahala?

Dari : Serly Ana

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Dari Abu Hurairah rodhiyallahu 'anhu berkata, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

مَنْ قَتَلَ وَزَغًا فِى أَوَّلِ ضَرْبَةٍ كُتِبَتْ لَهُ مِائَةُ حَسَنَةٍ وَفِى الثَّانِيَةِ دُونَ ذَلِكَ وَفِى الثَّالِثَةِ دُونَ ذَلِكَ

“Barang siapa yang membunuh cicak sekali pukulan, maka dituliskan baginya pahala 100 kebaikan. Dan barangsiapa yang memukulnya lagi (pada pukulan kedua), maka baginya pahala yang kurang dari pahala pertama. Dan barang siapa yang memukulnya lagi (pukulan ke tiga), maka baginya pahala lebih kurang dari yang kedua. (HR. Muslim, hadist No. 2240).”

Hadist ini menunjukkan bahwa membunuh cicak hukumnya sunnah. Karena cicak termasuk hewan yang dulu pernah membantu besarnya api yang membakar Nabi Ibrahim 'alaihis salam.

Di dalam hadist disebutkan :

كَانَ يَنْفُخُ عَلَى إِبْرَاهِيمَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ

“Dahulu cicak ikut membantu meniup api (untuk membakar) Ibrahim 'alaihis salam. (HR. Bukhari, hadist no. 3359).”

Nah, oleh sebab itulah kemudian baginda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallammemerintahkan untuk membunuh cicak tersebut.

Semoga bisa dipahami.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.