logo

Minum Air Putih Membatalkan Wudhu? Benarkah? ǀ Konsultasi Muslim



Pertanyaan :

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh. Ustadz, kalo kita udah ambil wudhu trs kita minum air putih kira-kira wudhu kita td batal atau tidak? Soalnya ada yg berpendapat dpt membatalkan, ada juga yg bilang tidak.

Dari : Yoanita

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi تعالى   حفظه الله melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Minum air putih bukanlah pembatal wudhu'. Adapun yang membatalkan wudhu' adalah makan daging unta.

Dari Jabir bin Samrah rodhiyallahu 'anhuberkata :

أن رجلا سأل رسول الله صلى الله عليه وسلم أأتوضأ من لحوم الغنم؟ قال إن شئت فتوضأ وإن شئت فلا توضأ قال أتوضأ من لحوم الإبل؟ قال نعم فتوضأ من لحوم الإبل



Bahwa ada seorang lelaki bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi w asallam : "Apakah kami harus berwudhu' setelah makan daging kambing? Rasulullah shallallahu 'alaihi w asallam menjawab : Jika kamu mau, silahkan berwudhu', dan jika kamu mau, tidak usah berwudhu'. Lalu lelaki itu bertanya lagi : Apakah kami harus berwudhu' setelah makan daging unta? Rasulullah shallallahu 'alaihi w asallam menjawab : "Ya, berwudhu' lah setelah makan daging unta. (HR. Muslim, hadist no. 828). 

Lalu, bagaimana jika air putih tersebut dimasak dengan api? Apakah juga membatalkan wudhu'?

Rasulullah shallallahu 'alaihi w asallam bersabda :

تَوَضَّئُوا مِمَّا مَسَّتِ النَّارُ

Berwudhu' lah karena makan makanan yang tersentuh api.(HR. Ahmad, hadist no. 7819).

Di dalam Hadist lain disebutkan :

كَانَ آخِرُ الأَمْرَيْنِ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم تَرْكَ الْوُضُوءِ مِمَّا غَيَّرَتِ النَّارُ

Aturan terakhir dari Rasulullah shallallahu 'alaihi w asallam, tidak berwudhu' karena makan makanan yang dimasak.(HR. Abu Daud, hadist no. 192).

Para ulama berpendapat bahwa Hadist yang memerintahkan untuk berwudhu' karena makan makanan yang dimasak dipahami sebagai perintah anjuran. Sehingga makan makanan yang dimasak tidak membatalkan wudhu', namun dianjurkan untuk wudhu'.



Dan sekalipun air putih misalnya dimasak dengan api, maka tidak membatalkan wudhu', karena hukum asalnya minum air putih bukanlah termasuk pembatal wudhu', kecuali ada dalil yang mengatakan bahwa minum air putih membatalkan wudhu'.


Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.