logo

Menthalaq Istri Dengan Perantara, Sahkah? | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :

Assalamu' alaikum ustadz, mohon penjelasan tentang talak yg di ucapkan oleh suami melalui perantara saudara si istri apakah sah jatuh talaknya?

Dari : Irma Pertiwi

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Ada sebuah qoidah fiqih menyebutkan :

الحجة قد تنزل منزلة الضرورة

Kebutuhan terkadang menempati posisi darurat

Artinya ada hal-hal tertentu yang bisa posisinya menjadi darurat.

Jika kebutuhan tersebut ada sebab yang mengharuskan kita untuk mewakilkan nya disebabkan beberapa faktor, maka para ulama mengatakan hukumnya boleh.

Mengenai thalaq yang diucapkan melalui perantara, maka ada diantara ulama yang mengatakan hukumnya sah dan boleh jika ada kebutuhan atau ada hal lain yang menyebabkan harus mewakilkannya.

Di dalam kitab Al-Muhadzab Fi Fiqhil Imamis Syafi'i disebutkan :

وَيَجُوزُ التَّوْكِيلُ فِي عَقْدِ النِّكَاحِ لِمَا رَوَي أَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم وَكَّلَ عَمْرَو بْنَ أُمَيَّةَ الضَّمْرِيِّ فِي نِكَاحِ أُمِّ حَبِيبَةَ وَيَجُوزُ فِي الطَّلَاقِ وَالْخُلْعِ وَالْعِتَاقِ لِاَنَّ الْحَاجَةَ تَدْعُو إِلَى التَّوْكِيلِ فِيهِ كَمَا تَدْعُو إِلَى التَّوْكِيلِ فِي الْبَيْعِ وَالنِّكَاحِ

Boleh untuk mewakilkan dalam aqad nikah karena ada riwayat yang menyatakan bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pernah mewakilkan kepada 'Amr Ibn Ummayah Ad-Dhomri dalam pernikahan beliau dengan Ummu Habibah. Begitu juga boleh mewakilkan dalam hal thalaq, khulu' dan membebaskan budak karena adanya kebutuhan untuk mewakilkan sebagaimana kebutuhan mewakilkan dalam akad jual-beli dan nikah. (Al-Muhadzab Fi Fiqhil Imamis Syafi'i, jilid 1 halaman 380).

Menurut ulama diatas, thalaq dengan perantara hukumnya boleh dan thalaq-nya sah. Dengan syarat perwakilan tersebut memyampaikan pesan tersebut kepada yang bersangkutan. Apabila disampaikan kepada yang bersangkutan, maka thalaq-nya jatuh.

Akan tetapi, jika perwakilan tersebut lupa atau tidak menyampaikan pesan tersebut kepada yang bersangkutan, maka thalaq-nya tidak jatuh.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.