logo

Menganggap Remeh Suatu Dosa Bisa Mendatangkan Murka Allah | Konsultasi Muslim



Seorang yang beriman kepada Allah dan takut akan pembalasan di hari di mana semua akan dipertanggungjawabkan dihadapan Allah, tentunya dia tidak akan pernah menganggap remeh sebuah dosa walau sekecil apapun.

Bagi orang-orang yang beriman, dosa kecil bagaikan gunung yang apabila ditimpakan kepadanya, maka dia akan tertimbun dan tenggelam karena nya.

Dari Ibnu Mas'ud rodhiyallahu 'anhu berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

إِنَّ الْمُؤْمِنَ يَرَى ذُنُوبَهُ كَأَنَّهُ قَاعِدٌ تَحْتَ جَبَلٍ يَخَافُ أَنْ يَقَعَ عَلَيْهِ ، وَإِنَّ الْفَاجِرَ يَرَى ذُنُوبَهُ كَذُبَابٍ مَرَّ عَلَى أَنْفِهِ

“Sesungguhnya seorang mukmin melihat dosanya seakan-akan dia duduk di sebuah gunung dan khawatir gunung tersebut akan menimpanya. Sedangkan seorang yang fajir (yang gemar maksiat),dia akan melihat dosanya seperti seekor lalat yang lewat begitu saja di hadapan batang hidungnya. (HR. Bukhari, hadist no. 6308).”

Ketahuilah bahwa dosa yang dianggap kecil bisa saja besar di sisi Allah dan dosa yang dianggap besar boleh jadi kecil disisi Allah dan bisa diampuni oleh Allah subhanahu wa Ta'ala.

Maka dari itu, menganggap remeh suatu dosa bisa mencelakai diri sendiri. Bagaimana tidak, dosa yang dianggap remeh rupa-rupanya besar di sisi Allah dan hal itu bisa menjerumuskan diri sendiri ke jurang neraka Jahannam.

Maka hendaklah dia tidak menganggap sebuah dosa itu kecil dan hendaklah dia bertobat kepada Allah atas apa yang dia lakukan. Dan Allah Maha mengampuni segala dosa hamba-hambanya.

Allah Berfirman :

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ . وَأَنِيبُوا إِلَى رَبِّكُمْ وَأَسْلِمُوا لَهُ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَكُمُ الْعَذَابُ ثُمَّ لَا تُنْصَرُونَ

“Katakanlah : Hai hamba-hamba ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri,janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepadanya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong lagi. (QS. Az-Zumar : 53-54).”

Dosa yang dianggap kecil oleh pelakunya bisa saja dosa tersebut besar di sisi Allah. Jadi,  jangan pernah meremehkan sebuah dosa karena bisa menjerumuskan diri sendiri ke jurang neraka.

Semoga bemanfaat.

Penulis : Fastabikul Randa Ar-Riyawi

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.