logo

Membantu Non Muslim Menyiapkan Takziah, Bolehkah? | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :

Assalaamu'alaikum ust, kalau hanya bertoleransi saling membantu aja gimana ust,, cmn mmbntu persiapan kalo ada yang takziah aja,,, karna kalo di desa ada yang meninggal baik non maupun muslim kita rela libur krja untuk datang ke tempat org yang meninggal,,,

Dari : Udin Shubar

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Jika misalnya hanya sekedar membantu persiapan takziah, maka insyaAllah diperbolehkan jika tujuannya untuk mengeratkan rasa kekeluargaan misalnya.

Sebuah qoidah ushul fiqh menyebutkan :

الحكم يدور مع العلة وجودا وعدما

Hukum itu berputar bersama illatnya (penyebabnya) baik ketika ada maupun tidak.

Nah, jika misalnya tujuannya untuk mengeratkan hubungan dengan membantu tempat orang takziah saja, maka insyAllah diperbolehkan selama tidak ikut mengiringi nya ke pemakaman. Karna jika misalnya tidak dilakukan seperti itu akan dicela oleh masyarakatnya dan dikucilkan. Maka boleh untuk menghindari itu semua.

Qoidah-nya adalah :

درء المفاسد مقدم على جلب المصالح

Menolak kemudorotan lebih didahulukan daripada mengambil manfaat.

Apalagi misalnya dengan melihat akhlak orang-orang Islam bisa menarik simpati mereka untuk masuk kedalam agama islam ini, maka tentunya ini peluang besar untuk dakwah.

Selama masih dalam batasan-batasan yang diperbolehkan di dalam Islam dan tidak melanggar ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan didalam islam.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.