logo

Manusia tempat salah dan dosa | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :

 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Afwan ustd saya mau bertanya nih misal ni dalam buku pelajaran yang  ada ayat Al-quran maupun hadis rasul mereka yang mencetak ini salah dalam melakukan penulisan  ayat, itu bagaimana ustadz?

 

Dari : Fallya Putri

 

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi  حفظه الله تعالى   melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp


Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

 

Perlu diketahui, bahwa manusia tidak luput kesalahan dan dosa. Se-alim apapun dirinya, se-taat apapun dirinya kepada Allah, dan se-banyak apapun ibadahnya, pasti dia pernah berbuat salah dan dosa. Karena manusia tidak luput dari kesalahan dan dosa.

 

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

 

كُلُّ بَنِي آدَمَ خَطَّاءٌ وَخَيْرُ الْخَطَّائِيْنَ التَّوَّابُوْنَ

 

Setiap anak Adam pasti berbuat salah dan sebaik-baik orang yang berbuat kesalahan adalah yang bertaubat. (HR. At-Tirmidzi, Hadist No. 2499).

 

Tapi orang yang bersalah dan berdosa, tidak berhenti di situ saja, seharusnya dia bertobat kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala atas semua kesalahan dan dosanya. Itulah sebaik-baik orang yang berbuat salah.

 

Apalagi seperti percetakan yang mencetak sekian ribu buku, mungkin ada kesalahan di dalamnya. Dan hal itu pastinya tidak disengaja oleh pihak percetakan, apalagi salah dalam menulis ayatnya. Dan hal ini termasuk perkara yang dimaafkan di dalam Islam.

 

Dari Ibnu Abbas rodhiyallahu 'anhu berkata, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa salam bersabda :

 

إِنَّ اللهَ  تَـجَاوَزَ لِـيْ عَنْ أُمَّتِيْ الْـخَطَأَ وَالنِّسْيَانَ وَمَا اسْتُكْرِهُوْا عَلَيْهِ

 

Sesungguhnya Allah memaafkan kesalahan (yang tanpa sengaja) dan (kesalahan karena) lupa dari umatku serta kesalahan yang terpaksa dilakukan. (HR. Ibnu Majah, Hadist No. 2045).

 

Sebagai seorang muslim, harus mendahulukan husnudzon sebelum su'udzon kepada sesama muslim. Dan jika kita tau penulisan ayat Al-Qur'an nya salah, maka lihatlah kepada surat dan ayat yang dimaksud dan bacalah sendiri di Al-Qur'an biar tidak terjadi kesalahan dalam membacanya.

 

Adapun kesalahan mencetak karena penulisan ayat Al-Qur'an yang salah, insyaAllah termasuk kesalahan yang tanpa sengaja dilakukan dan hal itu ma'fu (dimaafkan) di dalam Islam.

 

Semoga bisa dipahami.

 

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.