logo

Kertas Bertulisan Ayat-ayat Al-Qur'an untuk Bungkus Sayuran, Bolehkah? | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :

Mksdnya kertas yg ada tulisan alqur'anya buat bungkus cabe sayur biasanya sukaa ada di tukang sayur itu hukumnya bagemna ustad

Terimakasih atas penjelasannya di atas

Dari : Tariyem

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Bismillah was Sholatu was Salamu ‘ala Rasulillah,

Di dalam kitab I'anatut Thaalibin jilid 1 halaman 69 disebutkan :

وقال سم لا يقال إن الملاقاة في الباطن لا تنجس لأنا نقول فيه امتهان وإن لم ينجس كما لو وضع القرآن على نجس جاف يحرم مع أنه لا ينجس

Dan Sulaiman Bujairimi berkata : "Tidak bisa dikatakan bahwa pertemuan tulisan itu di dalam perut membuatnya najis, karena kami mengatakan bahwa demikian itu mengandung penghinaan, sekalipun hal itu tidak menjadi najis." Demikian juga dengan peletakan Al-Qur'an di atas benda najis yang telah kering, maka hal ini dihukumi haram, sekalipun tidak membuat Al-Qur'an itu menjadi najis."

Begitu juga dengan kertas yang ditulisi ayat Al-Qur'an dan dijadikan sebagai pembungkus cabe dan sayur-sayuran atau apapun jenisnya, meskipun ayat Al-Qur'an tersebut tidak lantas menjadi najis, akan tetapi hal ini merupakan penghinaan kepada ayat Al-Qur'an, dan dia bisa saja berdosa karena telah menghinakan ayat Al-Qur'an untuk pembungkus cabe, sayur-sayuran dan sebagainya.

Kenapa bisa berdosa? karena boleh jadi nanti kertas tersebut terkena najis, maka hal itu perbuatan yang tidak seharusnya dilakukan oleh seorang muslim, karena hal ini sama saja menghinakan ayat Al-Qur'an ini sendiri, apalagi sampai terkena najis, dia bisa berdosa karena menjadikan kertas yang ditulisi ayat Al-Qur'an sebagai pembungkus cabe, sayur-sayuran dan sebagainya.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.