logo

Doa Bisa Merubah Takdir | Konsultasi Muslim



Sebagian orang mungkin menganggap bahwa do'a tidak terlalu berpengaruh bagi kehidupan nya. Karna menganggap bahwa yang penting itu usahanya yang matang. Akan tetapi tahukah anda bahwa kekuatan sebuah do'a mampu merubah takdir yang dicatat Malaikat semenjak seseorang berada di dalam kandungan.

Jika misalnya di dalam kandungan dia dicatat sebagai orang miskin, namun dia rajin berdo'a dan berusaha untuk merubah hidupnya, maka takdir nya akan berubah.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

لَا يَرُدُّ الْقَضَاءَ إِلَّا الدُّعَاءُ وَلَا يَزِيدُ فِي الْعُمْرِ إِلَّا الْبِرُّ

“Tidak ada yang dapat menolak takdir (Ketentuan) Allah Ta'ala selain do'a. Dan Tidak ada yang dapat menambah (memperpanjang) umur seseorang selain (perbuatan) baik. (HR. At-Tirmidzi, hadist no. 2065).”

MasyaAllah, begitu dahsyatnya kekuatan do'a yang bisa merubah sesuatu yang sangat besar. Adapun yang Takdir yang bisa dirubah adalah takdir yang ditulis oleh Malaikat semenjak manusia di dalam Kandungan. Contoh takdir Umur, Jodoh, Kaya atau Miskin, sengsara atau bahagia.

Adapun takdir yang dicatat di Lauh Mahfudz seperti : "Seseorang diciptakan sebagai laki-laki". Maka tidak bisa dirubah. Maka, jangan sepelekan walau hanya sebuah do'a. Karna dengan sebuah do'a bisa saja mampu merubah hal yang sangat besar.

Jika misalnya jodohmu dengan si A, namun karena kau sering berdo'a untuk dijodohkan dengan si B, maka boleh jadi Allah mengabulkan permintaan mu tersebut.

Allah berfirman :

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ وَأَنِيبُوا إِلَى رَبِّكُمْ وَأَسْلِمُوا لَهُ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَكُمُ الْعَذَابُ ثُمَّ لَا تُنْصَرُونَ

“Katakanlah : Hai hamba-hamba ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah Ta'ala mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepadanya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong lagi. (QS. Az-Zumar 53-54).”

Do'a sering sekali dianggap remeh oleh manusia. Padahal dampaknya luar biasa. Maka sering-sering lah berdo'a dan meminta do'a kepada orang lain.

"Tolong do'akan saya supaya sukses ya". Maka ketika kita sering minta do'a kepada orang lain, bisa jadi Allah kabulkan. Karna kita tidak tau, sekian banyak orang yang mendoakan kita, do'a siapa didengar oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Banyak-banyak lah berdo'a kepada Allah, karna hanya orang-orang yang sombong lah yang enggan berdo'a kepadanya.

Allah berfirman :

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

“Dan Tuhanmu berfirman : Berdo'alah kepadaku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembahku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina. (QS. Al-Mu'min : 60).”

Semoga bermanfaat.

Penulis : Fastabikul Randa Ar-Riyawi

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.