logo

Jangan Mempersulit Lelaki Melamarmu Ukhti | Konsultasi Muslim



Banyak wanita di luar sana yang masih perhitungan dalam hal menikah. Contohnya ketika seorang lelaki muslim mau melamarnya, maka prosesnya dibuat rumit.

Hal ini tidaklah baik, karena Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkan untuk memudahkan lamaran dan memudahkan mahar sesuai dengan kemampuan lelaki tersebut.
Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam Bersabda :

إِنَّ أَعْظَمَ النَّكَـاحِ بَرَكَةً أَيْسَرُهُ مُؤْنَةً

“Pernikahan yang paling besar keberkahannya ialah yang paling mudah maharnya. (HR.Ahmad, hadist no. 24595).”

Jadi, hendaklah perempuan memudahkan lelaki dalam melamarnya, karena tujuan nikah adalah agar ibadah semakin meningkat dan semakin taat kepada Allah jika kau bersamanya.

Mintalah mahar yang layak dan sekiranya lelaki tersebut mampu membayarnya. Karna jika lelaki tersebut tidak mampu, maka pernikahan tentu tidak jadi dan kesannya mempersulit pernikahan. Sedangkan pernikahan merupakan ibadah.

Allah berfirman :

فَانْكِحُوهُنَّ بِإِذْنِ أَهْلِهِنَّ وَآتُوهُنَّ أُجُورَهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ

“Karena itu kawinilah mereka dengan seizin tuan mereka dan berilah maskawin mereka dengan patut. (QS.An-Nisa' : 25).”

Dan lelaki juga jangan mengharapkan mahar yang murah saja. Tapi berikanlah mahar yang layak bagi calon istri mu kelak, agar nanti bisa menjadi sesuatu yang tak ternilai harganya, dengan catatan masih dalam kategori mampu untuk mewujudkannya.

Maka dari itu jangan kau persulit mahar, sehingga lelaki yang mau melamarmu berfikir 2 kali karena terkadang mereka tidak punya kemampuan untuk memberikan itu semua.

Sebuah qoidah ushul fiqh menyebutkan :

كل ما تجوز حده انعكس الى ضده

Setiap sesuatu yang melampaui batas kewajaran memiliki hukum sebaliknya.

Misalnya wanita meminta mahar yang berlebihan, maka bisa masuk kedalam kategori qoidah diatas yaitu memiliki hukum sebaliknya.

Jika hukum semula wajib, tapi ketika dia meminta mahar secara berlebihan boleh jadi makruh dan tidak disukai oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala.Dan hal ini harus dihindari karena kebanyakan lelaki merasa dipersulit dalam hal melamar karena wanita dan orang tuanya meminta yang macam-macam kepada lelaki tersebut dan terkadang memberatkan bagi lelaki tersebut.

Ringankan mahar dan mudahkan lelaki dalam melamarmu, insyaAllah segala urusan mu dalam pernikahan dimudahkan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Semoga bermanfaat.

Penulis : Fastabikul Randa Ar-Riyawi

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.