logo

Tanda Kiamat : Istri Membantu Suami Berdagang | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :

Assalamu'alaikum ustadz,, mau tanya benar apa ndak jika wanita membantu suami berjualan merupakan tanda kiamat? Yang di maksud kiamat alam semesta ini apa kiamat rumah tangganya ustadz?

Dari : Ummu Ukasyah

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

بَيْنَ يَدَيِ السَّاعَةِ تَسْلِيمَ الْخَاصَّةِ، وَفُشُوَّ التِّجَارَةِ، حَتَّى تُشَارِكَ الْمَرْأَةُ زَوْجَهَا عَلَى التِّجَارَةِ

Menjelang tibanya hari Kiamat, salam hanya diucapkan kepada orang-orang tertentu, dan banyaknya perdagangan hingga seorang wanita membantu suaminya dalam berdagang. (HR. Ahmad, hadist no. 333).

Hadis ini pada hakikatnya menerangkan tanda-tanda kiamat dunia ini. Dan jauh sebelum kita adapun sudah banyak terjadi tanda-tanda kiamat. Dan bahkan Rasulullah diutus sekalipun sudah dekat datangnya hari kiamat.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

بُعِثْتُ أَنَا وَالسَّاعَةُ كَهَاتَيْنِ، وَيُشِيْرُ بِإِصْبَعَيْهِ فَيَمُدُّ بِهِمَا

“Jarak diutusnya aku dan hari Kiamat seperti dua (jari) ini. Beliau berisyarat dengan kedua jarinya (jari telunjuk dan jari tengah), lalu merenggangkannya. (HR. Bukhari, hadist no. 347).”

Maksud hadist yang menerangkan bahwa istri yang membantu suami dalam berjualan adalah, istri tidak lagi berdiam diri di rumah, dia sibuk berjualan di pasar-pasar, sehingga lupa tugasnya sebagai seorang istri, padahal tugas utamanya adalah dirumah, bukan bekerja di luar rumah. Karna ketika seorang istri bekerja, maka banyak pekerjaan rumah yang terbengkalai.

Rumah tidak ada yang mengurus lah, suami pulang kerja tidak ada yang melayani lah, anak pulang sekolah tidak ada yang menemani kecuali pembantunya misalnya, sehingga tugas utama seorang istri seperti inilah yang pada akhirnya bisa membuat pekerjaan rumah terbengkalai.

Maka wajar, jika di dalam hadist disebutkan bahwa salah satu tanda kiamat itu adalah seorang istri juga ikut membantu suaminya berjualan atau bekerja di luar.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

إِذَا فُتِحَتْ عَلَيْكُمْ فَارِسُ وَالرُّومُ، أَيُّ قَوْمٍ أَنْتُمْ؟ قَالَ عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَوْفٍ: نَقُولُ كَمَا أَمَرَنَـا اللهُ. قَالَ رَسُـولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَوْ غَيْرَ ذَلِكَ: تَتَنَافَسُونَ، ثُمَّ تَتَحَاسَدُونَ، ثُمَّ تَتَدَابَرُونَ، ثُمَّ تَتَبَاغَضُونَ، أَوْ نَحْوَ ذَلِكَ

Jika Persia dan Romawi ditaklukkan untuk kalian, kaum apakah kalian? Abdurrahman bin Auf berkata : Kami akan mengucapkan (pujian) sebagaimana Allah memerintahkan kepada kami. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam berkata : Atau selainnya : kalian akan berlomba-lomba, kemudian saling iri, kemudian saling memutuskan hubungan, kemudian saling membenci atau yang serupa dengannya. (HR. Muslim, hadist no. 96).


Banyak terkadang yang karena berjualan saling iri, dengki, dan pada akhirnya memutuskan tali silaturahmi. Ini tentunya dilarang didalam Islam.

Tapi Islam tidak lantas melarang seorang istri untuk bekerja di luar rumah, dengan syarat dan ketentuan berlaku :

1. Penghasilan suami tidak cukup memenuhi kebutuhan di rumah tangga.

2. Tempat kerja istri tidak bercampur dengan laki-laki.

3. Istri tidak melalaikan kewajiban nya sebagai seorang istri.

Artinya walau bagaimanapun ini memang akan terjadi juga, karena manusia juga mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda.

Hanya saja kita tidak usah sibuk memikirkan hal seperti ini. Kita cukup beramal sebanyak-banyaknya untuk bekal di akhirat nanti.

Mudah-mudahan Allah memudahkan segala urusan kita dan menerima semua amal ibadah kita. Aamiin.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.