logo

Hukum Wanita Selfie Sambil Menjulurkan Lidahnya | Konsultasi Muslim




Pertanyaan :

Assalamualaikum ustadz afwan ana mau bertanya.. Ustadz apa hukum nya bagi orang yang memposting poto/berpoto sambil mengeluarkan lidah .... syukronDari : Ummu Ukasyah

Dari : Fulanah

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Di dalam perkara mu'amalah hukum segala sesuatu adalah boleh.

Qoidah ushul fiqh menyebutkan :

الأصل في الأشياء الإباحة

Asal hukum segala sesuatu (Perkara Mu'amalah) adalah boleh.

Nah, pada asalnya berfoto itu hukumnya boleh bagi lelaki dan perempuan. Namun, apabila perempuan tersebut berfoto dengan pose menjulurkan lidah, maka ada 2 Hukumnya :

1. Haram

Apabila dia berfoto dengan menjulurkan lidah dan kemudian dia upload ke media sosial sehingga dilihat oleh lelaki yang bukan mahrom sehingga menimbulkan syahwat, maka dia berdosa karena telah menimbulkan fitnah yang sangat besar. Sedangkan didalam Al-Qur'an kita diperintahkan untuk menjauhi fitnah. Allah berfirman :

وَاتَّقُوا فِتْنَةً لا تُصِيبَنَّ الَّذِينَ ظَلَمُوا مِنْكُمْ خَاصَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

“Dan peliharalah dirimu dari pada fitnah (siksaan) yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zhalim saja di antara kamu.Dan ketahuilah bahwa Allah Amat keras siksaannya. (QS. Al-Anfaal : 25).”

Maka ketika dia membuat fitnah, akan menjadi dosa baginya. Dan kalo tidak dihapus bisa menjadi dosa jariyah baginya.

Mana dalilnya?

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

وَمَنْ سَنَّ فِي الْإِسْلَامِ سُنَّةً سَيِّئَةً كَانَ عَلَيْهِ وِزْرُهَا وَوِزْرُ مَنْ عَمِلَ بِهَا مِنْ بَعْدِهِ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ أَوْزَارِهِمْ شَيْءٌ

“Dan Barangsiapa yang mencontohkan contoh jelek dalam islam, maka dia mendapat dosanya dan dosa orang yang mengamalkannya setelahnya, tanpa mengurangi dosa-dosa mereka. (HR. Muslim, hadist no. 103-104).”

Maka jangan di upload. Dan segera hapus jika sudah diposting.

2. Hukumnya Boleh

Berfoto dengan menjulurkan lidah boleh dengan syarat hanya dilihat sendiri dan disimpan sendiri dan bukan untuk dipublikasikan. Ataupun hanya suaminya yang melihat, maka boleh. Karena pada asalnya berfoto itu boleh. Namun bisa menjadi haram apabila digunakan untuk membuat orang lain terfitnah ketika melihat nya.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.