logo

Hukum Wanita Menyukai Suami Orang | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :

Assalamualaikum ustadz..

Saya mau nanya.. mohon maaf sebelumnya.. apakah dosa seorang perempuan menyukai suami orang lain atau pun sebaliknya lelaki menyukai istri orang lain..
Karena pada dasarnya Rasulallah memperbolehkan menikahi 4 wanita...

Intinya, apakah dosa? begitu saja ustadz dan mengapa?

Dari : Tata

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Ada sebuah ungkapan menyebutkan :

الإنسان بلا محبة كالليل بلا نجم

Manusia tanpa cinta, bagaikan malam tiada berbintang

والمحبة بلا قيد كالقهوة بلا سكر

Sedangkan cinta tanpa ikatan (pernikahan), bagaikan kopi tanpa gula

Pada dasarnya rasa cinta itu pemberian dari Allah. Namun tempatkanlah cinta itu di tempat yang benar. Jangan sampai salah dalam menempatkan cinta, yang pada akhirnya bisa mendatangkan murka Allah.

Suka atau tertarik kepada istri atau suami orang karena kecantikannya atau karena akhlaknya, memang wajar ada pada manusia, karena dia kagum kepada yang bersangkutan.

Akan tetapi jangan biarkan hal ini berlarut larut, karena ini anak panah setan terhadap manusia. Ini adalah cara setan dalam menyesatkan manusia dari jalan yang lurus.

Allah berfirman :

قَالَ فَبِمَا أَغْوَيْتَنِي لَأَقْعُدَنَّ لَهُمْ صِرَاطَكَ الْمُسْتَقِيمَ. (١٦) ثُمَّ لَآتِيَنَّهُمْ مِنْ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ أَيْمَانِهِمْ وَعَنْ شَمَائِلِهِمْ ۖ وَلَا تَجِدُ  أَكْثَرَهُمْ شَاكِرِينَ (١٧)

“Iblis menjawab : Karena Engkau telah menghukumku tersesat, maka saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan-Mu yang lurus, kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur. Al-A'raf : 16-17).”

Oleh sebab itu, janganlah mau ditipu oleh setan, karena setan mengajak kepada kesesatan dan akan mendatangkan murka Allah Subhanahu Wata'ala dan pada akhirnya akan dicampakkan ke dalam jurang neraka jahannam karena perbuatan yang dia lakukan.

Allah berfirman :

يَا بَنِي آدَمَ لَا يَفْتِنَنَّكُمُ الشَّيْطَانُ كَمَا أَخْرَجَ أَبَوَيْكُمْ مِنَ الْجَنَّةِ

“Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh syaitan sebagaimana ia telah berhasil mengeluarkan kedua ibu bapakmu dari surga. (QS. Al-A'raf : 27).”

Jauhilah sifat suka kepada pasangan orang lain karena itu bisa menimbulkan fitnah dan bencana.

Masih banyak yang lajang dan sholeh dan sholehah insyaAllah, maka dari itu carilah yang belum punya pasangan saja.

Adapun diperbolehkan menikahi 4 orang wanita dengan syarat bukan istri orang. Jika yang dinikahi istri orang, maka hukumnya haram dan sama saja berzina, sebab belum bercerai dengan suaminya.

Kecuali dia menikahi wanita yang masih gadis ataupun yang sudah bercerai dengan suaminya, maka hukumnya boleh, selama tidak melanggar syari'at Islam.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.