logo

Hukum Wanita berhias ketika Wisuda, Bolehkah? | Konsultasi Muslim


Pertanyaan :

Assalamualaikum..pak ustadz mau nanya apa hukum nya bagi wnita yg berhias untuk wisuda?

Mohon penjelasannya karna kan wnita itu hnya dianjurkan berhias untuk suaminya.

Dari : Tata

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى    melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Jika misalnya dia sudah berusaha untuk tidak berhias, namun dilarang oleh pihak kampus, maka dia berarti mendapat keringanan didalam Islam. Dan kesalahannya tersebut diampuni oleh Allah insyaAllah.

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam Bersabda :

إِنَّ اللهَ تَـجَاوَزَ لِـيْ عَنْ أُمَّتِيْ الْـخَطَأَ وَالنِّسْيَانَ وَمَا اسْتُكْرِهُوْا عَلَيْهِ

“Bahwa Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam Bersabda : Sesungguhnya Allah Azza Wa Jalla memaafkan kesalahan yang tanpa sengaja dan kesalahan karena lupa dari umatku serta kesalahan yang terpaksa dilakukan. (HR. Ibnu Majah, Hadist No. 2045).

Akan tetapi, tetap berusaha terlebih dahulu untuk menolak nya. Jika tidak bisa, maka apa boleh buat. Tidak bisa kita hindari.

Sebuah Qoidah Ushul Fiqh Menyebutkan :

الحجة قد تنزل منزلة الضرورة

“Kebutuhan (hajat) terkadang menempati posisi darurat.

Nah, zaman sekarang wisuda sudah menjadi kebutuhan setiap mahasiswa sebagai tanda lulusnya. Maka mau tidak mau dia harus mengikuti prosedur2 yang ditetapkan oleh kampus.

Jadi, ketika dia sudah berusaha untuk menolaknya dengan meminta keringanan kepada pihak kampus agar dia tidak berhias,  namun tidak diterima permintaannya tersebut oleh pihak kampus, maka ketika itu dia diberi keringanan didalam Islam, sebab itu sudah menjadi kebutuhannya, dan dalam keadaan darurat melakukan itu. Yang jika tidak melakukan hal demikian, bisa dimarahin bahkan tidak diperbolehkan untuk mengikuti wisuda.

Tapi, jika bisa dihindari dan minta keringanan kepada pihak kampus untuk tidak berhias, maka itu tentu lebih baik.

Semoga Bermanfaat.

Wallahul Musta'an.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.