logo

Hukum Shalat Rabu Wekasan | Konsultasi Muslim


Pertanyaan :

Assalamu alaikum ustad.saya dpt berita itu dari teman, bagaimana tentang kebenarannya? benar apa hoax?

"Besok adalah malam Rabu Wekasan yaitu malam Rabu terakhir (wekasan) di bulan Shafar. Sebagian orang ahli ma'rifat termasuk orang yang ahli mukasyafah mengatakan setiap tahun Allah menurunkan bala' (bencana) yang berjumlah 320.000. Kesemuanya diturunkan pada hari Rabu yang terakhir di bulan Shafar. Maka dianjurkan hari itu shalat 4 raka'at dengan 2 salaman,

shalat yang dilakukan tersebut diniati dengan shalat mutlak. Pada setiap rakaat dalam shalat tersebut membaca Al-Fatihah sekali, surat Al-Kautsar sebanyak 17 kali, surat Al-Ikhlas lima kali, Al-Falaq sekali dan An-Nas sekali.

"Kemudian setelah salam membaca doa dan shalatnya tidak berjamaah.
Pelaksanaan sholat sunat Lidaf’il Bala diambil dari keterangan yang tercantum dalam kitab al-Jawahir al-Khomsi halaman 51-52 dilaksanakan pada pagi hari Rabu terakhir bulan Shofar, sebanyak 4 rakaat 2 kali salam.

Niatnya :

اُصَلِّي سُنَّةً لِدَفْعِ الْبَلاَءِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى


"Saya sholat sunnah untuk tolak bala dua rakaat karna Allah".

Dari : Wiwi

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Sebuah qoidah fiqih menyebutkan :

الأصل في العبادة الحظر, فلا يشرع منها إلا ما شرعه الله و رسوله

Hukum asal dalam ibadah adalah terlarang, maka suatu ibadah tidak disyari'atkan kecuali ibadah yang disyariatkan oleh Allah dan Rasul-Nya

Shalat pada rabu wekasan tidak ada contohnya dari baginda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan tidak disyari'atkan di dalam Islam. Tidak ada satu hadist shahih pun yang menerangkan hal itu.

Jika menganggap sesuatu di syari'atkan di dalam Islam, padahal tidak di syari'atkan, maka sama saja membuat syari'at baru didalam agama ini.

Begitu juga tidak ada dalil yang menerangkan bahwa Allah menurunkan bencana sebanyak 320.000 setiap tahunnya.

Jika mereka mengatakan seperti itu, maka dia harus mendatangkan dalil shahih tentang itu.

Dan apa yang di share diatas insyaAllah tidak benar karena tidak disyari'atkan di dalam Islam shalat rabu wekasan seperti yang disebutkan, dan hendaknya kaum muslimin menjauhi sesuatu yang tidak ada dasarnya.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.