logo

Hukum Membakar Kemenyan untuk Wewangian di dalam Rumah | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :

Assalamua'alaikum ustadz, bagaimana hukumnya membakar kemenyan, dan kayu gaharu dlm rmh, bukan sbg sesajen tapi sebagai wewangian dirumah,dan apakah itu bisa sebagai pengusir jin dan syaitan? dan saya lihat di khazanah islam nabi jg melakukan hal itu dan malaikat menyukai wewangian dr gaharu dan kemenyan, benarkah itu ustadz? mohon penjelasannya ustadz, terima kasih

Dari : Tukirah

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Hukumnya boleh jika digunakan untuk wewangian. Dan Rasulullah pun dulu ketika mengukup mayat memakai kayu gaharu, agar baunya wangi.

Dari Nafi' berkata :


كَانَ ابْنُ عُمَرَ إِذَا اسْتَجْمَرَ اسْتَجْمَرَ بِالْأَلُوَّةِ، غَيْرَ مُطَرَّاةٍ وَبِكَافُورٍ، يَطْرَحُهُ مَعَ الْأَلُوَّةِ ثُمَّ قَالَ : هَكَذَا كَانَ يَسْتَجْمِرُ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ


"Apabila Ibnu Umar mengukup mayat (membakar gaharu), maka beliau mengukupnya dengan kayu gaharu yang tidak dihaluskan, dan dengan kapur barus yang dicampurkan dengan kapur barus. Kemudian beliau berkata : "Beginilah cara Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam ketika mengukup jenazah (membakar gaharu untuk mayat). "(HR. Muslim)."

Dan memang benar Rasulullah menyukai wewangian dari gaharu, buktinya Rasulullah sampai membakar gaharu untuk mengharumkan mayat.

Dan juga didalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah rodhiyallahu 'anhu Rasulullah bersabda :


أَوَّلُ زُمْرَةٍ تَدْخُلُ الجَنَّةَ عَلَى صُورَةِ القَمَرِ لَيْلَةَ البَدْرِ، الى قوله : وَوَقُودُ مَجَامِرِهِمْ الأَلُوَّةُ قَالَ أَبُو اليَمَانِ: يَعْنِي العُودَ وَرَشْحُهُمُ المِسْكُ


"Golongan penghuni surga yang pertama kali masuk surga adalah berbentuk rupa bulan pada malam bulan purnama. Sampai ucapan beliau : "Nyala perdupaan mereka adalah gaharu", Imam Abul Yaman berkata, maksudnya adalah kayu gaharu. (HR. Bukhari)."

Adapun membakar kayu gaharu dan wewangiannya bisa mengusir jin Allahu a'lam. Ini tidak ditemukan di dalam hadist.

Hanya saja mungkin diantara dukun ada yang menggunakan gaharu dan membakarnya dan kemudian asapnya digunakan untuk memanggil jin. Ini kemungkinan. Adapun bisa mengusir jin, saya belum menemukan hadistnya.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a'lam

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.