logo

Hukum Laki-laki Memakai Perhiasan Emas di dalam Islam | Konsultasi Muslim



Islam melarang laki-laki dari memakai sesuatu yang dipakai oleh perempuan. Termasuk di dalam nya perhiasan berupa emas dan sutra.

Dari Abu Musa rodhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

عَنْ أَبِي مُوسَى أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أُحِلَّ الذَّهَبُ وَالْحَرِيرُ لِإِنَاثِ أُمَّتِي وَحُرِّمَ عَلَى ذُكُورِهَا

“Emas dan sutra dihalalkan bagi para wanita dari ummatku, namun diharamkan bagi para lelaki.” (HR. An-Nasa'i, hadist no. 5148).

Pelajaran yang bisa diambil dari Hadist diatas :

1. Haram hukumnya bagi laki-laki memakai sesuatu yang terbuat dari sutra dan emas

2. Hadist nya menunjukkan kebolehan bagi seorang wanita memakai pehiasan atau sesuatu yang terbuat dari emas dan sutra.

Bagaimana dengan cincin emas yang dipakai laki-laki ketika menikah, apakah termasuk haram?

Sekalipun seorang lelaki tersebut berada di pernikahan, maka status haram nya tetap berlaku karna cincin tersebut terbuat dari emas. Dan hal itu merupakan ijma'(kesepakatan) para ulama atas pengharamannya. Dalilnya adalah :

Rasulullah bersabda :

نَهَى عَنْ خَاتَمِ الذَّهَبِ

“Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melarang cincin emas bagi laki-laki.” (HR. Bukhari, hadist no. 5863 dan Muslim, hadist no. 2089).

Maka dengan hadist ini para ulama bersepakat akan keharaman cincin emas ataupun perak bagi laki-laki.

Lalu Bagaimana dengan Bayi atau Anak Kecil Yang Memakai Cincin dari Emas? Apakah Juga Haram?

Imam An-Nawawi rohimahullah merojihkan pendapat yang membolehkan nya secara mutlaq,sebagaimana disebutkan di dalam kitab al-Majmu'.

Imam An-Nawawi rohimahullah berkata di dalam kitab al-Majmu' :

فأما الصبي فهل يجوز للولي إلباسه الحرير فيه ثلاثة أوجه في البيان وغيره: أحدها يحرم على الولي إلباسه وتمكينه منه.. وتجري الأوجه الثلاثة في إلباسهم حلي الذهب.واختلفوا في الراجح من الأوجه فالصحيح جوازه مطلقا وبه قطع صاحب الإبانة، وصححه الرافعي في المحرر

Dan adapun anak kecil laki-laki apakah boleh bagi wali (orang tua) nya untuk memakaikan baju terbuat dari sutra ada 3 pandangan dalam hal ini. Salah satunya adalah haram hukumnya bagi orang tua untuk memakaikan baju sutra kepada anaknya. Hukum yang sama berlaku juga dalam kasus wali memakaikan emas pada anak kecil laki-laki. Dan para ulama berbeda Pendapat tentang yang paling rojih (kuat). Maka yang paling kuat pendapat nya adalah pendapat yang membolehkan secara mutlaq. Pendapat ini ditashih oleh Imam Rofi'i di dalam kitab Al-Muharrar.

Jadi, menurut Imam An-Nawawi dibolehkan memakai emas kepada bayi atau anak kecil. Dan inilah pendapat yang paling kuat.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Penulis : Fastabikul Randa Ar-Riyawi

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.