logo

Hukum Istri Membentak Suami | Konsultasi Muslim




Pertanyaan :

Asalamualaikum ustd, mau tanya. Dosa tidak klo kita membantah perkataan suami karna ia yang membuat suatu masalah terlebih dahulu dan kita tidak sejutu tentang perkataan nya?

Dari : Fulanah

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Allah berfirman :

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ اللَّهِ لِنتَ لَهُمْ ۖ وَلَوْ كُنتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ

“Dengan sebab rahmat Allah kamu berlaku lemah-lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentu mereka menjauh dari sekelilingmu. (QS. Ali Imran : 159).”

Bagaimana pun suami antum, bersikaplah sopan kepada nya. Karena dia imam di keluarga antum.

Jika dia salah ingatkan bukan membentak. Karena membentak tidak akan menyelesaikan persoalan, malah tambah membuat masalah menjadi rumit.

Tapi dengan lemah lembut lah hati manusia akan terketuk, apalagi kepada suami. Sehingga jika istri lemah lembut bisa saja suami merasa bersalah dan meminta maaf.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam Bersabda :

إِنَّ الرِّفْقَ لاَيَكُونُ فِي شَيْءٍ إِلاَّ زَانَهُ وَلاَ يُنْزَ عُ مِنْ شَيءٍ إِلاَّ شَانَهُ

“Sungguh, segala sesuatu yang dihiasi kelembutan akan nampak indah. Sebaliknya, tanpa kelembutan segala sesuatu akan nampak jelek. (HR. Muslim, hadist no. 2594).”

Semoga bermanfaat.

Wallahul Musta'an.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.