logo

Hukum Anak Kecil Memakai Cincin Yang Terbuat dari Emas | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Ustadz, bagaimana hukum nya bayi laki² (usia 7 bulan) memakai cincin emas?

Adk sepupu saya anak nya pke cincin emas. Sy tegur karna setahu sy Hukum nya gk boleh, sprti menyerupai pr.

Dan ternyata ini memang pernah di lakukan orang tua nya sblm dy. Kata ortu nya : Nggak apa² klo masih kecil. Klo sdh besar baru gk boleh.

Apa benar sprti itu ustadz??

Mohon penjelasan nya ustadz. Jazakallah.

Dari : Fulanah

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Betul. Para ulama berbeda pendapat mengenai anak-anak kecil laki-laki memakai perhiasan yang terbuat dari emas maupun sutra. Dan sebagian ulama mengecualikan bagi anak-anak.

Dan Imam An-Nawawi rohimahullah merojihkan pendapat yang membolehkan nya secara mutlaq, sebagaimana disebutkan di dalam kitab al-Majmu'.

Imam An-Nawawi rohimahullah berkata di dalam kitab al-Majmu' :

فأما الصبي فهل يجوز للولي إلباسه الحرير فيه ثلاثة أوجه في البيان وغيره: أحدها يحرم على الولي إلباسه وتمكينه منه.. وتجري الأوجه الثلاثة في إلباسهم حلي الذهب.واختلفوا في الراجح من الأوجه فالصحيح جوازه مطلقا وبه قطع صاحب الإبانة، وصححه الرافعي في المحرر

Dan adapun anak kecil laki-laki apakah boleh bagi wali (orang tua) nya untuk memakaikan baju terbuat dari sutra ada 3 pandangan dalam hal ini. Salah satunya adalah haram hukumnya bagi orang tua untuk memakaikan baju sutra kepada anaknya. Hukum yang sama berlaku juga dalam kasus wali memakaikan emas pada anak kecil laki-laki. Dan para ulama berbeda Pendapat tentang yang paling rojih (kuat). Maka yang paling kuat pendapat nya adalah Pendapat yang membolehkan secara mutlaq. Pendapat ini di tashih oleh Imam Rofi'i di dalam kitab Al-Muharrar.

Jadi, menurut Imam An-Nawawi dibolehkan memakai emas kepada bayi atau anak kecil. Dan inilah pendapat yang paling kuat.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.