logo

Halalkah Daging Biawak? | Konsultasi Muslim


Pertanyaan :

Assalamualaikum wr.wb

Ustadz saya mau bertanya hewan biawak itu haram apa gak ya ? Soalnya saya cari dalam hadits itu gak ada hadits yang menyebut dengan jelas bahwa biawak tersebut haram ..
Dan yang saya ketahui pada zaman rasulullah dulu boleh makan biawak tapi rasulullah gak ikut memakannya dan malah memilih makanan yang lain .. terima kasih

Dari : Riska

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى    melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Perlu diketahui, bahwa yang dimakan pada zaman Rasulullah adalah Dhob (hewan pemakan rumput dan sebagainya). Adapun biawak makanan nya adalah hewan lain.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam Bersabda :

كُلُّ ذِي نَابٍ مِنَ السِّبَاعِ فَأَكْلُهُ حَرَامٌ

“Seluruh binatang pemangsa dengan gigi taringnya maka haram memakannya. (HR. Muslim).

Nah, biawak itu pemangsa hewan lain. Beda dengan dhob yang dimakan oleh sahabat Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam.

Perbedaan dhob dan biawak :

1. Dhob hidupnya digurun pasir, sedangkan biawak hidupnya ditepi-tepi sungai dan comberan.

2. Dhob pemakan tumbuh-tumbuhan, sedangkan biawak pemakan hewan lainnya (buas).

3. Ukuran tubuh dhob lebih kecil daripada biawak.

Dan sebenarnya banyak perbedaan antara biawak dan dhob.

Didalam Kitab Hasyiyah Al-Jamal disebutkan :

(قوله وضب) هو حيوان يشبه الورل يعيش نحو سبعمائة سنة ومن شأنه أنه لا يشرب الماء وأنه يبول في كل أربعين يوما مرة ولا يسقط له سن وللأنثى منه فرجان وللذكر ذكران

“(Penjelasan tentang hewan dhob) dia adalah binatang yang menyerupai biawak yang mampu hidup sekitar tujuh ratus tahun, binatang ini tidak minum air dan dia buang air (kencing) sekali dalam 40 hari, betinanya memiliki dua alat kelamin dan yang jantan pun juga memiliki dua alat kelamin.

Dari penjelasan ini kita sudah mengetahui, bahwa biawak yang sekarang berkeliaran di indonesia itu bukan dhob yang pernah dibolehkan oleh Rasulullah untuk memakannya.

Dan masih banyak perbedaan lainnya antara dhob dan biawak. Dan jika dilihat dari penjelasan diatas, dhob bukanlah diartikan biawak, tapi hewan yang menyerupai biawak yang hidup di gurun pasir. Sedangkan biawak bahasa arabnya  ورل sebagaimana yang disebutkan didalam penjelasan diatas.

Kesimpulan :

Dhob hukumnya halal dimakan. Sedangkan biawak yang sekarang berkeliaran di indonesia hukum memakannya haram.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala A'lam

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.