logo

Cara Membujuk Teman Agar Mau Shalat | Konsultasi Muslim




Pertanyaan :

Assalamu'alaikum ustadz

Izin bertanya...bagaimana cara yang benar untuk membujuk teman supaya dia itu mau sholat ustadz?

Syukron

Dari : Siti Nur Aulia

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Allah berfirman :

وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ, وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

“Dan saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran. (QS. Al-Ashr : 3).”

Kita memang diperintahkan untuk saling menasehati sesama muslim dalam kebaikan, dan mengajaknya kejalan yang di ridhoi oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala. Akan tetapi, ketika kita telah mengajak, tapi tidak di ikuti, maka kewajiban kita sebagai sesama muslim sudah lepas, karena tugas kita hanya mengingatkan. Adapun hidayah, hanya Allah yang memberikannya, bukan kita. Bahkan paman nabi sekalipun (Abu Thalib), tidak bisa diberikan hidayah oleh Nabi Muhammad, karena hidayah hanya milik Allah.

Allah berfirman :

إِنَّكَ لَا تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ وَلَٰكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَن يَشَاءُ ۚ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ

“Sesungguhnya engkau (Muhammad) tidak akan dapat memberi hidayah (petunjuk) kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi hidayah kepada orang yang Dia kehendaki, dan Allah lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk. (QS. Al-Qashash : 56).”


Lalu bagaimana cara membujuknya?

Allah berfirman :

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ اللَّهِ لِنتَ لَهُمْ ۖ وَلَوْ كُنتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ

“Dengan sebab rahmat Allah kamu berlaku lemah-lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentu mereka menjauh dari sekelilingmu. (QS. Ali Imran : 159).”

Cara membujuknya sama halnya dengan cara membujuk kaum muslimin pada umumnya, berlemah lembut dan berkata dengan sopan kepadanya. Karena manusia, jika dinasehati dengan kelembutan, maka akan menimbulkan sikap yang berbeda. Sehingga mereka pun akan mudah menerima sebuah nasehat.

Dan segala sesuatu yang dihiasi dengan kelembutan, nasehat misalnya atau berkata kepada orang, ketika dihiasi dengan kelembutan, maka akan mudah diterima oleh manusia.

Rasulullah shallahu alaihi wa salam bersabda :

إِنَّ الرِّفْقَ لاَيَكُونُ فِي شَيْءٍ إِلاَّ زَانَهُ وَلاَ يُنْزَ عُ مِنْ شَيءٍ إِلاَّ شَانَهُ

“Sungguh, segala sesuatu yang dihiasi kelembutan akan nampak indah. Sebaliknya, tanpa kelembutan segala sesuatu akan nampak jelek. (HR. Muslim, hadist no. 2594).”

Bergaul dengannya, buat hatinya senang, dan manusia pada hakikatnya, jika sudah senang kepada yang dekat dengannya, akan menuruti apapun yang diperintahkan kepadanya.

Oleh sebab itu dekati dia terlebih dahulu, bergaul dengannya dan senangkan hatinya, serta nasehati dia dengan lemah lembut, mudah2an Allah melembutkan pula hatinya untuk hijrah ke jalan yang di ridhoi oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Semoga bisa dipahami.

Wallahul Musta'an.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.