logo

Bolehnya Puasa 6 Syawal Terlebih Dahulu Sebelum Puasa Qadha | Konsultasi Muslim



Permasalahan mengganti puasa Ramadhan menjadi pembicaraan setiap manusia, terkhusus wanita yang mengalami haid, menyusui ataupun yang sedang hamil. Ketika Syawwal datang, mereka bertanya tanya mengqodho' pouasa Ramadhan dulu ataukah boleh mendahulukan Puasa 6 Syawwal?

Di dalam kitab tafsir Rowai'ul Bayaan Ayat Ahkaam disebutkan :

و ذهب الجمهور إلى أن القضاء يجوز فيه كيف كان، متفرقا أو متتابعا، حجتهم قوله تعالى : فعدة من أبام أخر

Jumhur (mayoritas ulama) berkata bahwa mengqodho' puasa Ramadhan bisa dilaksanakan kapan saja, baik dilakukan secara terpisah maupun berturut turut. (Rowai'ul Bayaan Ayat Ahkaam, juz 1 halaman : 192 - 193).

Hujjah-nya adalah firman Allah Subhanahu wa Ta'ala :

فعدة من أيام أخر

“Maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.” (QS. Al-Baqoroh : 185).

Menurut jumhur (mayoritas ulama) ayat di atas tidak mensyaratkan harus di qodho' secepat mungkin karena dalilnya bersifat nakiroh (umum). Dan dia bisa mengganti nya kapan saja sebanyak dia meninggalkan puasanya tersebut.

Berarti boleh mendahulukan puasa 6 Syawwal daripada Mengqodho' Puasa Ramadhan?

Jawabannya adalah boleh. Kenapa? Karena jumhur ulama tidak mengatakan tidak disyaratkan untuk mengqodho' secepat mungkin. Tapi bisa di qodho' di hari-hari lain dan batasnya sampai Ramadhan berikut nya.

Mana dalil yang membolehkan nya?

Dari Ummul Mukminin Aisyah rodhiyallahu 'anha berkata :

كَانَ يَكُونُ عَلَىَّ الصَّوْمُ مِنْ رَمَضَانَ ، فَمَا أَسْتَطِيعُ أَنْ أَقْضِىَ إِلاَّ فِى شَعْبَانَ

“Aku masih memiliki hutang puasa Ramadhan. Aku tidaklah mampu mengqodho' nya kecuali di bulan Sya'ban.” (HR. Bukhari, hadist no. 1950).

Nah, dari Hadist di atas menjelaskan bahwa boleh mendahulukan puasa 6 di bulan Syawwal daripada mengqodho' puasa, karena qodho' puasa batas akhirnya adalah sebelum masuk Ramadhan berikut nya. Lebih-lebih kepada wanita haid, yang di mana dia tidak tau kapan haidnya. Jika misalnya dia mengqodho' puasa Ramadhan dulu, dan ternyata setelah itu dia haid sampai akhir bulan, tentulah dia tidak bisa melaksanakan puasa 6 Syawwal.

Apa sih keutamaan puasa 6 di bulan Syawwal?

Dari Abi Ayyub Al-Anshary rodhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :
من صام رمضان ثم أتبعه ستا من شوال كان كصيام الدهر

“Barangsiapa yang berpuasa dibulan Ramadhan, kemudian diikuti dengan puasa 6 dibulan Syawwal, maka dia seperti Puasa Sepanjang Tahun.” (HR. Muslim, kitab Subulus Salam, hadist no. 2 Bab : Shoumut Tatowwu' wa Maa Nuhiya 'An Shoumihi, halaman : 177).

Kesimpulan :

1. Boleh mendahulukan puasa 6 Syawwal dari qodho' puasa Ramadhan lebih-lebih bagi wanita yang takut akan segera datang haidnya

2. Mengqodho' puasa Ramadhan bisa dilakukan kapan saja dan batasnya sebelum masuk Ramadhan berikutnya

3. Puasa 6 Syawwal seperti berpuasa sepanjang tahun


Yuk, puasa 6 di bulan Syawwal agar kita memperoleh Pahala yang berlipat ganda seperti puasa sepanjang tahun.

Semoga bermanfaat.

Penulis : Fastabikul Randa Ar-Riyawi

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.