logo

Bolehkah Berpuasa Pada Hari Jum'at? | Konsultasi Muslim



Seperti yang diketahui bahwa mengkhususkan hanya puasa di hari jum'at dilarang oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.

Dari Abu Hurairah rodhiyallahu 'anhu berkata, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

لا يَصُومَنَّ أَحَدُكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ إِلا يَوْمًا قَبْلَهُ أَوْ بَعْدَهُ

“Janganlah salah seorang di antara kalian berpuasa pada hari Jum'at kecuali jika dia berpuasa pula pada hari sebelum atau sesudahnya. (HR. Bukhari, hadist no. 1849).”

Bagaimana jika di hari Jum'at bertepatan dengan puasa Daud, puasa asy-Syuro, puasa Tarwiyah dan sebagainya? Apakah boleh dilaksanakan?

Menurut Ibnu Qudamah rohimahullah, seorang ulama mazhab Hambali di dalam kitabnya al-Mughni jilid 3 halaman 170 beliau berkata :

ويكره إفراد يوم الجمعة بالصيام، إلا أن يوافق ذلك صوما كان يصومه، مثل من يصوم يوما ويفطر يوما فيوافق صومه يوم الجمعة، ومن عادته صوم أول يوم من الشهر، أو آخره، أو يوم نصفه

Dan dimakruhkan menyendirikan puasa pada hari Jum'at saja kecuali jika bertepatan dengan kebiasaan berpuasa. Seperti berpuasa Daud, yaitu sehari berpuasa sehari tidak, lalu bertepatan dengan hari Jum'at atau bertepatan dengan kebiasaan puasa di awal, akhir, atau pertengahan bulan.

Imam An-Nawawi rohimahullah berkata di dalam kitab al-Majmu' syarah al-Muhadzab jilid 6 halaman 437 beliau berkata :

قال أصحابنا يكره إفراد يوم الجمعة بالصوم فإن وصله يصوم قبله أو بعده أو وافق عادة له بأن نذر صوم يوم شفاء مريضه أو قدوم زيد أبدا فوافق الجمعة لم يكره

Ulama mazhab Syafi'i berpendapat bahwa dimakruhkan berpuasa pada hari Jum'at secara bersendirian. Namun jika diikuti puasa sebelum atau sesudahnya atau bertepatan dengan kebiasaan puasa seperti berpuasa nadzar karena sembuh dari sakit dan bertepatan dengan hari Jum'at, maka tidaklah makruh.

Berdasarkan 2 pendapat ulama diatas bahwa yang dimakruhkan di dalam hadist adalah jika seorang muslim mengerjakan puasa sunnah tanpa sebab apapun.

Namun jika puasa yang dia lakukan pada hari Jum'at ada sebabnya seperti misalnya puasa asy-Syuro bertepatan di hari Jum'at, atau puasa Daud bertepatan di hari jum'at, yang di mana sebelum nya dia tidak berpuasa, ataupun seperti puasa Tarwiyah yang bertepatan di hari Jum'at, ataupun puasa Qodho', puasa Nadzar sembuh dari sakit bertepatan di hari Jum'at, maka puasa sunnah yang seperti ini ada sebab dilakukan di hari Jum'at, maka hukumnya boleh.

Adapun yang dilarang secara mutlaq adalah puasa sunnah yang dilakukan pada hari Jum'at yang tidak ada sebab musababnya, ataupun tidak dibarengi puasa sebelum dan sesudahnya. Maka ini yang dilarang. Adapun puasa seperti yang disebutkan diatas, maka tidak mengapa dikerjakan insyaAllah, berdasarkan 2 pendapat ulama mazhab diatas.

Semoga bermanfaat.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Penulis : Fastabikul Randa Ar-Riyawi

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.