logo

Perintah Memaafkan Kesalahan Orang Lain di dalam Islam | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :

Assalamu'alaikum Ust. Saya mau tanya? Kalau misal ada seseorang bersalah sama kita, terus dia tidak meminta maaf kepada kita, apa kah harus kita duluan yang minta maaf.

Dari : Serly Ana

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Ketika ada teman, saudara, keluarga dan sebagainya berbuat salah, hendaklah kita memaafkan mereka. Karena orang yang memaafkan itu justru mulia di hadapan Allah Subhanahu wa Ta'ala. Dan Allah memerintahkan hamba-Nya untuk memaafkan kesalahan sesama manusia.

Allah berfirman :

وَلْيَعْفُوا وَلْيَصْفَحُوا ۗ أَلَا تُحِبُّونَ أَنْ يَغْفِرَ اللَّهُ لَكُمْ ۗ  وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

“Dan hendaklah mereka memberi maaf dan berlapang dada. Apakah kalian tidak ingin Allah mengampuni kalian? Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. An-Nur : 22).”

Memang meminta maaf itu mudah, yang sulit itu memaafkan kesalahan orang lain. Itulah salah satu sebabnya Allah menyukai orang yang mau memaafkan kesalahan sesama saudaranya sesama Muslim.

Allah berfirman :

الَّذِينَ يُنفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ ۗ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

“Orang-orang yang bertakwa adalah mereka yang menafkahkan hartanya baik di waktu lapang maupun sempit dan orang-orang yang menahan amarahnya serta mudah memaafkan kesalahan orang lain. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. (Ali-Imran : 134).”

Di dalam surat lain Allah juga berfirman :

خُذِ الْعَفْوَ وَأْمُرْ بِالْعُرْفِ وَأَعْرِضْ عَنِ الْجَاهِلِينَ

“Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan perbuatan baik, serta berpisahlah dari orang-orang yang bodoh. (QS. Al-A'raf : 199).”

Artinya adalah jangan pernah menunggu seseorang meminta maaf kepada kita baru kita maafkan kesalahannya. Tapi maafkanlah terlebih dahulu kesalahan nya. Karena kita manusia biasa, penuh kekurangan. Yang bisa kita lakukan adalah mendo'akan orang-orang yang berbuat salah kepada kita, mudah-mudahanan Allah bukakan pintu hatinya agar tidak mengulangi perbuatannya dengan menyakiti orang lain.

Dan jika seorang muslim mampu memaafkan orang lain, dan tidak membalasnya, dan akhlaknya baik, maka Rasulullah menjamin surga baginya.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

وَإِنْ كَانَ مَازِحًا وَبِبَيْتٍ فِى أَعْلَى الْجَنَّةِ لِمَنْ حَسَّنَ خُلُقَهُ

“Aku memberikan jaminan rumah di surga yang tinggi bagi orang yang bagus akhlaknya. (HR. Abu Daud, hadist no. 4800).”

Semoga bermanfaat.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.