logo

Berbuat Baik Meski tau sering dimanfaatkan | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :

Bismillah..  Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh ustadz.  Saya mau bertanya bagaimana pandangan islam tentang perbedaan orang baik dengan orang yang sering dimanfaatkan..  Syukron ustadz...


Dari : Amalia

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى    melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp


Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.


Ini pembahasan umum ukhti. Tapi baiklah, akan saya bahasa juga secara umum.


Yang pasti, orang yang baik, sekalipun dia dimanfaatkan oleh orang lain, maka dia akan tetap berbuat baik kepada orang lain, jika dasar kebaikannya sudah tertanam di dalam hatinya. Sebagai seorang muslim, kita diperintahkan untuk berbuat baik kepada manusia, siapapun itu dan hendaklah bertutur kata yang baik-baik.


Allah berfirman :


وَقُولُوا لِلنَّاسِ حُسْنًا وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ


“Dan bertutur katalah yang baik kepada manusia, laksanakan salat dan tunaikanlah zakat. (QS. Al-Baqarah : 83).

Tidak ada perbedaan orang baik dengan orang sering dimanfaatkan, jika yang dimanfaatkan itu juga berbuat baik. Berbuat baik itu bisa kepada siapa saja. Bahkan kita diperintahkan bukan hanya berbuat baik kepada sesama manusia, dengan hewan sekalipun kita diperintahkan untuk berbuat baik.


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :


وَإِذَا ذَبَحْتُمْ فَأَحْسِنُوا الذَّبْحَةَ وَلْيُحِدَّ أَحَدُكُمْ شَفْرَتَهُ وَلْيُرِحْ ذَبِيحَتَهُ


“Dan jika kalian hendak menyembelih, maka sembelihlah dengan cara yang baik. Hendaklah kalian menajamkan pisaunya dan senangkanlah hewan yang akan disembelih. (HR. Muslim, hadist no.1955).

MasyaAllah, kepada hewan sekalipun kita diperintahkan untuk berbuat baik, apalagi kepada sesama manusia. Yang harus kita lakukan adalah berbuat baik kepada sesama manusia, terlepas kita dimanfaatkan atau tidak oleh orang lain, maka biarlah itu menjadi urusannya dengan Allah.


Semoga Allah memudahkan urusan kita semua dan melapangkan rezeki kita, sebagaimana kurma yang tak henti-hentinya berbuah. Aamiin Ya Allah Ya Robbal 'Aalamiin.


Semoga bisa dipahami.


Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.