logo

Baru Mencukur Rambut Bayi di Hari ke 40, Bolehkah? | Konsultasi Muslim




Pertanyaan :

Assalamualaikum ust, bagaimana hukum mengadakan acara mencukur rambut bayi di 40harinya

Dari : Nenty Rianty

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Perlu diketahui bahwa mencukur rambut bayi bukan hari ke 40. Tapi di hari ke 7 kelahirannya. Dan hukumnya sunnah.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

الْغُلَامُ مُرْتَهَنٌ بِعَقِيقَتِهِ يُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ السَّابِعِ وَيُسَمَّى وَيُحْلَقُ رَأْسُهُ

“Setiap anak tergadai dengan aqiqahnya, disembelih di hari ketujuh, diberi nama, dan dicukur kepalanya. (HR. At-Tirmidzi, hadist no. 1522).”

Akan tetapi, jika belum dicukur dihari ke 7 kelahirannya, maka juga boleh dicukur setelah itu. Sekalipun dia telah baligh.

Di dalam kitab Tuhfatul Muhtaj halaman 201 disebutkan :

مَنْ لَمْ يُفْعَلْ بِشَعْرِهِ مَا ذَكَرَهُ يَنْبَغِي لَهُ كَمَا قَالَهُ الزَّرْكَشِيُّ أَنْ يَفْعَلَهُ هُوَ بِهِ بَعْدَ بُلُوغِهِ إنْ كَانَ شَعْرُ الْوِلَادَةِ بَاقِيًا وَإِلَّا تَصَدَّقَ بِزِنَتِهِ يَوْمَ الْحَلْقِ فَإِنْ لَمْ يَعْلَمْ احْتَاطَ وَأَخْرَجَ الْأَكْثَرَ

Siapa yang rambutnya belum di (dicukur dan di sedekahi) seperti yang disebutkan, maka selayaknya dia melakukan seperti yang disarankan az-Zarkasi, bahwa rambutnya dicukur, setelah baligh, jika rambut bawaan lahir masih ada. Jika tidak ada maka dia bersedekah dengan seberat rambut pada saat dicukur. Jika tidak diketahui beratnya, dia mengambil langkah hati-hati, dengan bersedekah lebih banyak.

Hanya saja, jika di hari ke 7 mampu melaksanakannya maka lakukanlah dihari ke 7 tanpa menunda-nunda dihari ke 40 ataupun dihari setelah hari ke 7. Namun tetap diperbolehkan insyaAllah menurut perkataan ulama diatas.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.