logo

Baca Surat Al-Kahfi Hari Kamis Sehabis Ashar, Dapatkah Keutamaannya? | Konsultasi Muslim




Pertanyaan :

Assalamualaikum..

Mau tanya Pak Ustad...

Kalo  baca surat Al-Kafhi.. Sekarang boleh tidak.. Maksudnya sehabis ashar di hari  kamis  ini...

Terimakasih...

Dari : Asih Priyanti

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Jika antum membaca setelah Ashar berarti sama seperti membaca Al-Qur'an seperti biasa, tapi tetap mendapatkan pahala. Hanya saja tidak mendapatkan keutamaan membaca surat Al-Kahfi seperti di dalam Hadist.

Loh kenapa ustadz? Karena di dalam kalender Islam hari itu berubah setelah Maghrib.

Dasar pengambilan dalilnya adalah firman Allah :

لا الشَّمْسُ يَنْبَغِي لَهَا أَنْ تُدْرِكَ الْقَمَرَ وَلا اللَّيْلُ سَابِقُ النَّهَارِ وَكُلٌّ فِي فَلَكٍ يَسْبَحُونَ

“Tidaklah mungkin bagi matahari mengejar bulan dan malam pun tidak dapat mendahului siang. Masing-masing beredar pada garis edarnya. (QS. Yasin : 40).”

Nah, sedangkan di dalam Hadist disebutkan bahwa keutamaan membaca surat Al-Kahfi itu ada jika dibaca di malam Jum'at, jika dibaca setelah Ashar, berarti belum masuk hari Jum'at atau malam Jum'at. Hanya saja jika dibaca akan mendapatkan pahala seperti membaca Al-Qur'an pada umumnya, tidak mendapatkan keutamaan surat Al-Kahfi.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

“Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jum'at, maka dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Ka'bah. (HR. Ad-Darimi, hadist no.  3470).” Status hadistnya shahih insyaAllah.

Semoga bermanfaat.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.