logo

Apakah Main Catur Itu Haram? | Konsultasi Muslim




Pertanyaan :

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh
ustad mau tanya apakah bermai catur itu dilarang oleh syariat islam??

Dari : Lia Arfan

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Imam An-Nawawi rohimahullah pernah ditanya tentang hukum bermain catur sebagaimana disebutkan di dalam kitab Al-Kabir halaman 90, maka beliau mengatakan :

إن فوت به صلاة عن وقتها أو لعب بها على عوض فهو حرام وإلا فمكروه عند الشافعي وحرام عند غيره

Jika itu menyebabkan orang ketinggalan shalat dari waktunya, atau bermain dengan taruhan maka itu haram. Jika tidak, hukumnya makruh menurut Syafi'i, dan haram menurut ulama lainnya.

Kenapa makruh menurut para ulama? Karena para ulama dahulu tidak ada waktu untuk bermain. Waktunya mereka gunakan untuk menuntut ilmu, dari bangun tidur sampai tidur lagi. Selain itu mereka gunakan untuk menulis buku sehingga tidak ada waktu untuk bermain.

Adapun di zaman sekarang ini anak-anak muda asyik bermain permainan apa saja, main catur, badminton, mobile legend dan sebagainya.

Selama permainan tersebut tidak melalaikan dia dari mengerjakan shalat, maka hukumnya kembali kepada hukum asal yaitu boleh. Karena segala hal yang terkait masalah mu'amalah kembali kepada hukum aslinya yaitu boleh.

Qoidah ushul fiqhnya adalah :

الأصل في الأشياء الإباحة

Asal hukum segala sesuatu (dalam perkara mu'amalah) hukumnya boleh

Selama tidak ada unsur haram di dalam nya dan tidak melalaikan.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.