logo

Apakah Jodoh di Dunia Juga Bisa Menjadi Jodoh di Akhirat? | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh ustadz. Izin bertanya ustadz? Ada yang bilang kepada saya, bahwa jodoh kita didunia itu belum tentu jodoh kita diakhirat. Apa itu benar ustadz? Tolong penjelasannya! Terimakasih

Dari : Sekar

Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Yang saya tau begini ukhti : "boleh jadi jodoh kita di dunia, dia akan menjadi jodoh kita diakhirat kelak."

Dalilnya adalah Allah berfirman :

والذين آمنوا واتبعتهم ذريتهم بإيمان ألحقنا بهم ذريتهم وما ألتناهم من عملهم من شيء

“Dan orang-orang beriman, berserta anak cucu mereka yang mengikuti mereka dalam keimanan. Kami pertemukan mereka dengan anak cucu mereka (di dalam surga) dan kami tidak mengurangi sedkitpun pahala amal (kebajikan) mereka. (QS. Ath-Thur : 21).”

Ayat ini adalah dalil bahwa suami istri dan anak-anak keturunannya akan dikumpulkan di dalam Surga, dengan syarat dia dan pasangan serta anak-anak keturunan atau cucunya tersebut beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.

Dan boleh jadi jodoh di dunia bukan jodoh di Akhirat, sebab misalnya pasangannya itu selalu berbuat dosa, atapun mati dalam keadaan menyekutukan Allah dengan sesembahan yang lainnya.

Itu semua hak Allah, mau menyatukan suami istri yang sewaktu didunia berkumpul di akhirat nanti, itu terserah Allah. Kita tidak mengetahui itu semua.

Akan tetapi, dari zohir ayat diatas mengatakan bahwa suami istri yang saling mencintai karena Allah, dan mereka beriman kepada Allah, serta mengerjakan semua perintah Allah dan meninggalkan yang dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya, maka InsyaAllah sesuai dengan ayat di atas, Allah akan memasukkan mereka berdua, dan anak-anak keturunan beserta cucu mereka dan mengumpulkan mereka semua didalam surga, asalkan syaratnya Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.

Mudah-mudahan kita semua dikumpulkan dengan orang-orang yang kita sayangi di dunia, dan kelak dikumpulkan oleh Allah di Akhirat, dan tentunya di dalam surga yang penuh kenikmatan.

Semoga bisa dipahami.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.