logo

Indera Keenam dalam Pandangan Islam | Konsultasi Muslim



Indra ke enam adalah seseoang yang bisa melihat apa yang terjadi. Baik secara nyata maupun tidak.

 

Ketahuilah saudaraku bahwa didalam islam tidak ada yang dinamakan indra ke enam. Tidak ada seorang pun yang bisa melihat yang ghoib kecuali Allah. Dan manusia tidak bisa melihat jin dan segala yang ghoib lainnya.

 

Allah berfirman :

 

يَا بَنِي آدَمَ لاَ يَفْتِنَنَّكُمُ الشَّيْطَانُ كَمَا أَخْرَجَ أَبَوَيْكُم مِّنَ الْجَنَّةِ يَنزِعُ عَنْهُمَا لِبَاسَهُمَا لِيُرِيَهُمَا سَوْءَاتِهِمَا إِنَّهُ يَرَاكُمْ هُوَ وَقَبِيلُهُ مِنْ حَيْثُ لاَ تَرَوْنَهُمْ إِنَّا جَعَلْنَا الشَّيَاطِينَ أَوْلِيَاء لِلَّذِينَ لاَ يُؤْمِنُونَ

 

Wahai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh setan, sebagaimana dia telah mengeluarkan kedua ibu-bapakmu dari surga. Dia menanggalkan pakaiannya dari keduanya untuk memperlihatkan kepada keduanya auratnya. Sesungguhnya, dia (iblis/setan) dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang (di sana) kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya, Kami telah menjadikan setan-setan itu pemimpin-pemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman. (QS. Al-A'raf : 27).

 

Ibnu Hajar Al-Asqolani rohimahullah berkata di dalam kitab Fathul Baari menjelaskan hadist no. 2311 tentang kisah Abu Hurairah dan setan : Imam Ibnu Hajar mengatakan bahwa kita bisa hanya bisa melihat setan jika dia berbentuk manusia. Adapun ketika tidak berbentuk manusia. Maka kita tidak akan bisa melihat nya.

 

Lalu bagaimana jika ada orang yang dari kecil sampai dewasa bisa melihat jin?

 

Berarti di dalam tubuhnya ada jin. Jin hinggap di matanya hingga dia bisa melihat jin dan makhluk halus lainnya. Karna jin bisa melihat jin karna bantuan jin itu sendiri. Dan manusia normal tidak akan bisa melihat jin kecuali para ulama yang memang Allah beri keutamaan dan kemuliaan disisinya.

 

Semoga bermanfaat.

 

Penulis : Fastabikul Randa Ar-Riyawi

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.