logo

Anak Orang Kafir Meninggal Sebelum Baligh, Masuk Neraka? | Konsultasi Muslim



Pertanyaan :

Assalamualaikum ustad, lalu bagaimana dengan anak-anak kecil non muslim yg wafat, mereka tdk ada dosakah?

Mereka mnjdi penghuni neraka kah? krna mereka tergolong kafir.

Dari : Sandy Wijaya


Dijawab oleh : Fastabikul Randa Ar-Riyawi حفظه الله تعالى melalui tanya jawab grup Kajian Whatsapp

Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh.

Anak yang dilahirkan kedunia ini pada hakikatnya lahir dalam keadaan fitroh (suci), akan tetapi orang tuanya lah yang meyahudikan dan menasranikannya. Sehingga dia jauh dari Islam.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

كل مولود يولد على الفطرة فأبواه يهودانه أو ينصرانه أو يمجسانه

“Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah (Islam), maka kedua orang tuanyalah yang menjadikannya Yahudi, Nashrani atau Majusi. (HR. Bukhari dan Muslim).”

Nah, ketika mereka dilahirkan dia terlahir dalam keadaan Islam, sebelum pada akhirnya dia menyembah selain Allah. Maka ketika dia meninggal sebelum baligh atau meninggal ketika belum menyembah selain Allah, maka insyaAllah meninggal dalam keadaan Islam. Yang kafir itu orang tuanya, adapun dia belum tau apa-apa. Dan jika anak tersebut meninggal sebelum baligh, maka insyaAllah akan Allah masukkan kedalam surga.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam :

مَا مِنَ النَّاسِ مِنْ مُسْلِمٍ يُتَوَفَّى لَهُ ثَلاَثٌ لَمْ يَبْلُغُوا الْحِنْثَ ، إِلاَّ أَدْخَلَهُ اللَّهُ الْجَنَّةَ بِفَضْلِ رَحْمَتِهِ إِيَّاهُمْ

“Tidaklah seorang muslim yang ditinggal mati oleh tiga anaknya, yang belum baligh, kecuali Allah akan memasukkannya ke dalam surga dengan rahmat yang Allah berikan kepadanya. (HR. Bukhari, hadist no. 1248).”

InsyaAllah anak tersebut masuk surga berdasarkan hadist di atas karena dia belum mengenal apapun dan yang kafir itu orang tuanya bukan dia.

Wallahu Ta'ala a'lam.

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.